Perayaan HUT Pesisir Selatan tahun ini mungkin tanpa Festival Langkisau

id festival langkisau,hut pesisir selatan,hendrajoni,covid-19

Perayaan HUT Pesisir Selatan tahun ini mungkin tanpa Festival Langkisau

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Pelaksanaan Festival Langkisau 2020 yang digelar memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat setiap 15 April ditunda sebagai upaya meminimalkan penyebaran COVID-19.

"Festival Langkisau ditunda hingga waktu yang belum ditentukan," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di Painan, Senin.

Ia menyebut Festival Langkisau yang digelar setiap tahun selalu ramai dikunjungi wisatawan, tidak hanya dalam kabupaten namun juga nasional dan mancanegara.

Hal tersebut karena berbagai kegiatan yang digelar seperti seremonial pembukaan, permainan anak nagari, pemilihan duta wisata, sirkuit bola voli pantai tingkat nasional dan kejuaraan paralayang.

Kendati demikian secara keseluruhan ia memastikan hingga saat ini tidak ada warga daerah itu yang terinfeksi virus Corona, meski begitu langkah-langkah antisipasi terus dilakukan.

Ia menyebutkan beberapa langkah yang telah dilaksanakan ialah dengan membentuk tim penanggulangan bencana, wabah dan KLB.

Menyampaikan edaran kepada seluruh pusat kesehatan pembantu, pusat kesehatan nagari, puskesmas, RSUD Tapan, RSUD M Zein dan RSU BKM tentang kewaspadaan dini tentang virus Corona.

Menerbitkan Surat Edaran Bupati Nomor 800.146/DINKES-PS/I/2020 tentang Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran virus Corona di daerah setempat.

Mendorong tenaga penyuluh puskesmas aktif memberi menyosialisaikan upaya pencegahan dan mengingatkan masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat.

Mengajak masyarakat yang merasa sakit untuk bersegera ke sarana kesehatan terdekat untuk memeriksakan kesehatan, memakai masker terutama untuk yang sakit dan menutup mulut ketika batuk.

Sementara untuk penyemprotan dengan desinfektan sampai saat ini, pemkab masih menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar