Enduro oli andalan semua, buktikan cintai produk negeri sendiri

id oli enduro andalan semua,oli motor, harga oli,oli motor metic, pelumas pertamina

Enduro oli andalan semua, buktikan cintai produk negeri sendiri

Seorang pekerja bengkel di Korong Gadang, Kuranji Padang, sedang mempersiapkan oli Enduro Matic untuk diisikan ke sepada motor pelanggannya (Antara/Siri Antoni)

Padang (ANTARA) - Siang diakhir pekan pertama Maret 2020, Feri (46) seorang pemilik bengkel tampak senang ketika seorang konsumen tiba dibengkelnya yang ingin membeli pelumas. Konsumen itu hendak membeli dan menanyakan oli Enduro 4T Raciang.

Ia bangkit dari duduknya dan bergegas menuju rak-rak dalam kedai bengkelnya untuk mengambilkan pelumas tersebut. Apa yang diharapkan pembeli itu ternyata tersedia.

Pemilik bengkel sepeda motor di Gorong Gadang, Kuranji, Kota Padang menyampaikan, banyak pengendara kalau ganti oli mintanya merek Enduro. Ada yang hanya sekadar membali, diganti sendiri di rumahnya dan banyak juga kalau mengganti pelumas kendaraan dibengkel, minta jenis Enduro.

"Laku kuat pelumas yang satu itu, mungkin pilihan pengendara dikarenakan faktor kualitas yang sudah teruji bagi pemilik kendaraan," ujar pria tiga anak itu, baru-baru ini.

Menurut dia, Enduro memang bagus kualitasnya dan baik untuk semua jenis mesin kendaraan. Banyak pengendara pelanggannya yang mengakui keandalannya. Mungkin saja pemilik kendaraan kian banyak yang tahu kualitas pelumas Enduro cocok untuk semua jenis kendaraan.

Justru itu, sering kosong stok dibengkelnya karena peminat Enduro cukup baik. Tapi sekarang stok oli Enduro tersedia karena baru beberapa hari lalu ditambah stok.

Ia selalu menyarankan pelanggannya saat ganti oli dibengkelnya, agar pakai oli Enduro untuk sepeda motor baik yang kendaraan keluaran era kekinian guna menjaga keawetan mesin. Sebenarnya, pelumas produk Pertamina itu tetap bisa dipakai semua kendaraan, termasuk yang tahun produksi era 1990-an.

"Jangan salah, pelumas satu ini tetap bisa untuk kendaraan yang klasik juga. Banyak pelanggannya yang menjalankan saran yang diberikannya," ujarnya.

Sebab, bila pelumas yang dipakai pada kendaraan yang tepat, tentu mesinnya akan terawat dan awet serta maksimal penggunaannya, tambah suami Yanti itu.
Pekerja memeriksa produk minyak pelumas dalam kemasan botol di Production Unit Jakarta Pertamina Lubricants, Jakarta, Selasa (8/12). Pertamina, melalui anak usahanya PT Pertamina Lubricants mengoperasikan Production Unit Jakarta (PUJ) pabrik pelumas terintegrasi terbesar di Asia Tenggara memiliki kapasitas total 270 juta liter per tahun yang diantaranya memproduksi Lube Oil Blending Plant dengan kapasitas 270 juta liter per tahun, Grease Plant dengan kapasitas 8000 MT per tahun, dan Viscosity Modifier Plant berkapasitas 8000 Ton per tahun. PUJ yang baru memiliki kapasitas 80 persen lebih besar dibandingkan dengan kapasitas sebelumnya. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz/15.)


Justru itu, dirinya selalu menyarankan ke pelanggan yang sudah lama atau telah akrab agar pakai pelumas Enduro. Ada juga ada yang milih produk merek lain, terserah kepada mereka.

Terkait harga tidak tinggi-tinggi amat dan cukup terjangkau bagi konsumen, seperti oli Enduro 4T 20W-50 oli motor (0.8 liter) hanya Rp38.000 ditingkat pedagang pengecer atau bengkel.

Menurut dia, tuntutan terhadap kendaraan era sekarang adalah yang irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bertenaga. Para produsen otomotif dalam memproduksi mesin kendaraan sesuai yang menjadi harapan masyarakat konsumen era kekinian.

Dengan beragam model kendaraan baik roda dua maupun roda empat, namun tentunya tidak bisa dilepaskan dari jenis pelumas yang mesti disesuaikan pula. Jika salah pilih oli kendaraan mesinnya bisa cepat keausan atau boros bahan bakar.

Akan tetapi meski pelumas sudah tidak diragukan kualitasnya, namun waktu menggantinya kalau tidak teratur atau konsisten maka tetap saja rawan dan berisiko pada kendaraan. Bagusnya, tambah Feri lagi, oli yang dipakai sudah cocok dengan kebutuhan kendaraan, konsisten dengan merek yang biasa dipakai, mesin kendaran bisa terjaga dan awet sehingga dapat berfungsi maksimal.

Sebab, olinya pun berbeda antara motor baru dan model yang berperforma tinggi sekarang. Sebaiknya kalau sudah cocok dengan kendaraan dan sudah terbukti, maka tidak mudah terpengaruh dengan suatu brand yang belum jelas dan keandalannya.

Kemudian yang tak kalah pentingnya harus konsisten terhadap waktu ganti oli berkala, jangan sampai sudah melebihi batas waktu atau kilometer perjalanan baru olinya diganti atau setelah kendaraan bermasalah.

Syafrideson warga Rimbo Tarok Kuranji Padang, mengakui setiap ganti oli dua sepeda motornya di bengkel selalu minta pelumas jenis Enduro. Sebab, sudah terbiasa kendaraan menggunakan pelumas jenis itu.

Sebab, dirasakan memang bertenaga kendaraan dengan menggunakan pelumas yang satu itu dan harga beli pun tidak terlalu tinggi dibandingkan yang lain.

"Kalau ganti oli sepeda motor termasuk yang dipakai putra sulungnya, saya langsung yang bawa ke bengkel agar pelumas yang dipakai tetap Enduro. Terkadang namanya anak muda bisa saja tidak memperhatikan oli yang biasa dipakai," ujar guru salah satu SMP di Kota Padang itu.

Kebiasaannya dalam mengganti oli kendaraan tidak pernah secara sendiri dan selalu dibawa ke bengkel, karena tidak biasa. "Bagi-bagi rezkilah dengan orang bengkel", candanya.
Dua botol oil Enduro Matic sudah disiapkan pemilik bengkel di Korong Gadang, Kuranji Padang, untuk ganti pelumas sepada motor pelanggannya. (Antara/Siri Antoni)


Pemakai oli Enduro lainnya, mahasiswa yang baru lulus di jurusan mesin di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Padang, Aridon mengakui menggunakan pelumas Enduro bisa untuk segala medan.

Menurut dia, untuk perjalanan jauh cukup puas mengendarai sepeda motor karena cukup bertenaga dan irit bahan bakar. Hal ini sudah dibuktikannya setidaknya sekali empat bulan pulang kampung dengan rute Padang-Dharmasraya.

Bagi yang ingin buktikan cobalah pakai oli Enduro ke kendaraan dan dibawa perjalanan dengan rute 200 kilometer tersebut. "Jadi, motto oli Enduro andalan semua tidak salah dan pas sekali," ujarnya.

Keunggulan Oli Enduro

Perkembangan dan kemajuan industri otomotif dengan memproduksi dan menampilkan beragam model kendaraan dipasaran dewasa ini. Sedangkan pelumas merupakan komponen penting pada kendaraan. Seiring dengan itu, maka menjawab kebutuhan akan pelumas dan gaya hidup masa kini, Pertamina memiliki varian pelumas, salah satunya Enduro 4T Racing SAE 10W-40.

Ingin tau keunggulan oli Enduro banyak referensi yang dapat dibaca, termasuk pada www.pertaminalubricants.com. Seperti dilansir situs ini, bahwa keandalan atau keunggulan oli Enduro 4T diantaranya tidak menyebabkan slip pada kopling basah.

Berikutnya memiliki kekentalan yang stabil pada temparatur rendah dan tinggi. Kemudian memiliki kekentalan SAE 10W-40 yang sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru sesuai akselerasi tinggi.
Pecinta pelumas Pertamina jenis Enduro sedang mengganti oli sepeda motornya (Antara/Siri Antoni/20)
Ingin mendapatkan keterangan lebih detail dari pihak yang paham simak penjelasan dari Technical Specialist PT Pertamina Lubricant Agung Prabowo seperti dilansir situs iNews.id, bahwa oli memiliki tiga fungsi utama, yaitu lubricate (pelumas), cool (pendingin), clean (pembersih). Jika salah satu tidak tepat akan berpengaruh pada kinerja mesin.

"Saat ini, kompresi mesin kendaraan semakin tinggi. Ini seiring dengan kemajuan dan inovasi teknologi dari para produsen otomotif dalam memproduksi mesin yang lebih bertenaga," ujarnya.

Namun lebih irit bahan bakar serta ramah lingkungan. Untuk itu, jenis olinya pun berbeda antara motor baru atau model berperforma tinggi,tambahnya pada satu kegiatan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).

Lalu, pelumas apa yang cocok untuk motor berperforma tinggi? Agung menerangkan Enduro 4T Racing SAE 10W-40 pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih.

Enduro 4T Racing SAE telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip pada kopling. Pelumas ini juga memiliki kekentalan stabil pada temperatur rendah dan tinggi.

"Kekentalan SAE 10W-40 sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru berakselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi radiasi panas dari mesin," kata Agung.

Selain itu, tambah dia, Enduro 4T Racing SAE 10W-40 dapat menjaga kebersihan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, korosi dan menjaga komponen mesin cepat aus.***

Pelumas Pertamina dengan varian jenis. (ist)