Ancaman abrasi di Pantai Padang, BPBD bakal bangun tanggul laut

id abrasi pantai padang,sea wall,tanggul laut,batu pemecah ombak,tugu merpati terancam ambruk

Ancaman abrasi di Pantai Padang, BPBD bakal bangun tanggul laut

Abrasi di pantai Padang. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Beberapa titik di Pantai Padang, Sumatera Barat, akan dibangun tanggul laut untuk mengantisipasi kerusakan akibat abrasi tidak semakin parah.

"Selain tanggul laut kita juga akan bangun pemecah ombak (groin T) pada empat titik," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman di Padang, Jumat.

Empat titik itu masing-masing Pantai Air Manis, Masjid Al Hakim di Pantai Padang, Tugu Merpati Perdamaian dan Pantai Pasir Jambak.

Empat titik itu saat ini kondisinya sudah cukup parah dihantam abrasi. Bahkan di Tugu Merpati, abrasi sudah mencapai bangunan tugu dan dikhawatirkan bisa runtuh jika tidak segera dicarikan solusi.

Erman menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk membangun tanggul laut dan groin T itu cukup besar, sekitar Rp32 miliar sehingga tidak bisa mengandalkan APBD kota maupun provinsi.

Karena itu BPBD Sumbar mengupayakan agar anggaran bisa dibantu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita sudah siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan anggaran ke BNPB. Mudah-mudahan bisa terealisasi tahun ini juga," katanya.

Kepala Bidang Rehab-Rekon BPBD sumbar, Suryadi menyebutkan direncanakan di Pantai Air Manis akan dibangun tiga groin T dan dua tanggul laut, di kawasan Masjid Al Hakim Pantai Padang dibangun tiga groin T dan dua tanggul laut.

Sementara itu di Tugu Merpati dibangun lima groin T dan empat tanggul laut. Di Pasir Jambar dibangun lima goin T dan empat tanggul laut.

"Pembangunannya akan tetap mempertimbangkan keindahan untuk mendukung pariwisata daerah. Jadi nanti masyarakat bisa memanfaatkan tanggul dan groin T itu untuk wisata," ujarnya.*