Empat Prodi UNP raih penilaian standar mutu ASEAN University Network

id Rektor UNP Ganefri,UNP,kampus UNP,berita padang,berita sumbar

Empat Prodi UNP raih penilaian standar mutu ASEAN University Network

Rektor UNP Prof. Ganefri foto bersama dengan perwakilan empat Prodi yang berhasil meraih sertifikasi AUN-QA (ANTARA/Agung Pambudi)

Padang, (ANTARA) - Empat Program Studi (Prodi) Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Empat Prodi tersebut yakni, Pendidikan bahasa inggris, Prodi Pendidikan kimia, Prodi Manajemen dan Prodi pendidikan Teknik Elektro.

"Kami berharap hasil yang diraih oleh empat Prodi ini dapat terus dipertahankan, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang baik bagi mahasiswa," kata Rektor UNP Prof. Ganefri saat menyerahkan sertifikat kepada perwakilan empat Prodi di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan, selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, tujuan sertifikasi tersebut adalah mendapatkan pengakuan internasional dan lulusan yang berkualitas serta diakui masyarakat tentang kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

Ganefri mengatakan, pihaknya dalam menunjang sertifikasi AUN-QA tersebut juga melakukan berbagai upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Mulai dari perpustakaan, labor dan fasilitas pendukung proses belajar mengajar lainnya.

"Secara bertahap kami akan lakukan sertifikasi internasional seluruh Prodi di universitas ini, karena ini adalah suatu kebutuhan agar dapat diakui dalam dunia pendidikan internasional," katanya.

Selain itu AUN-QA sebutnya juga menjadi sarana untuk mendapatkan kepercayaan publik, bagaimana orang tua bisa memilih pendidikan bagi anaknya di UNP.

Pada kesempatan itu Ganefri juga mengungkapkan pihaknya akan berupaya bagaimana laboratorium di Fakultas Teknik dan Fmipa mendapat sertifikasi dari ISO 17025. Sebuah pengakuan dari internasional terhadap suatu produk yang dihasilkan terutama lewat pengujian-pengujian.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNP, Edwin Musdi menyebutkan selain empat Prodi tersebut, pada tahun ini ada 14 Prodi lagi yang akan dinilai tim AUN-QA.

"Untuk empat prodi lagi akan tim AUN QA akan melakukan visitasi pada Oktober 2020," katanya.

ASEAN University Network (AUN ) merupakan sebuah organisasi ASEAN didirikan pada tahun 1995 yang bertujuan melaksanakan kerja sama pendidikan dalam membuat suatu integrasi regional untuk mencapai standar pendidikan global. (*)