Ada yang baru di Pantai Pohon Seribu Sasak

id Pantai Pohon Seribu Sasak,Pariwisata Pasaman Barat,Pasaman Barat

Ada yang baru di Pantai Pohon Seribu Sasak

Objek wisata Pohon Seribu Sasak Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata di daerah itu dan berlahan sarana prasarananya mulai dibangun. (ANTARA/Altas Maulana)

​​​​​​​Altas Maulana (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), pada 2020 membangun sarana prasarana objek wisata di pantai pohon seribu Sasak yang saat ini cukup ramai dikunjungi masyarakat.

"Objek wisata pohon seribu Sasak saat ini menjadi tujuan wisatawan lokal. Sarana prasarana harus kita siapkan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan di Simpang Empat, Jumat.

Menurutnya kelengkapan yang akan dibangun selama 2020 antara lain tempat parkir, ruang ganti dan jalan setapak dalam kawasan pohon seribu.

Selain itu juga akan dibangun tempat ibadah, taman, papan informasi, menara pandang, gazebo dan sarana lainnya.

"Pembangunannya akan kita lakukan secara bertahap sebagai upaya pemenuhan kelengkapan sarana objek wisata yang ada," katanya.

Ia menjelaskan wisata pohon seribu menjadi lokasi wisata andalah Pasaman Barat saat ini karena selalu ramai dikunjungi dengan hamparan pohon mahoni di tepi pantai yang indah.

"Di lokasi ini juga bisa menikmati wisata kuliner dengan ciri khasnya gulai sabo," jelasnya.

Selain wisata pohon seribu, ada sejumlah destinasi wisata yang juga menjadi perhatian dan bertahap dikembangkan.

Diantaranya Pantai Air Bangis. Pantai ini berada di Kecamatan Sungai Beremas yang berjarak sekitar 70 kilometer dari ibu kota Pasaman Barat, Simpang Empat.

Selain bisa menikmati keindahan pantainya, dilokasi ini juga menawarkan pusat kerajinan ibu-ibu berupa sulaman benang emas dan pengolahan ikan asin.

Kemudian Pantai Sasak. Lokasi ini berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia yang berjak sekitar 20 kilometer dari Simpang Empat. Pantai ini selalu padat dikunjungi masyarakat setiap hari libur dan wisata Pantai Indah Maligi Sasak.

Kemudian objek wisata Religi Lubuak Landua. Lokasi ini berada di Kecamatan Pasaman yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Simpang Empat. Dilokasi ini selain wisata religi, masyarakat juga bisa menikmati mandi di sungai dan melihat ikan larangan.

Destinasi lainnya adalah Pulau Panjang dan Pulau Pigago. Lokasi ini berada di Kecamatan Sungai Beremas. Di dua lokasi ini memiliki pantai yang indah dan selalu ramai dikunjungi masyarakat.

"Objek wisata lainnya ada Sampuran Botung, Lubang Jepang Talu, Rumah Gadang Tuanku Bosa Talu, Pantai Sikabau dan Pantai Muaro Binguang," jelasnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar