Polres Pasaman Barat tanam bakau di Pantai Sasak untuk cegak abrasi

id Tanam pohon cegah abrasi

Polres Pasaman Barat tanam bakau di Pantai Sasak untuk cegak abrasi

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki bersama personel melakukan penanaman pohon di kawasan Pantai Sasak sebagai upaya mencegah abrasi, Sabtu (23/9/2023). ANTARA/HO-Humas Polres Pasaman Barat.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan penanaman pohon bakau dan cemara di kawasan Pantai Sasak untuk mencegah abrasi, Sabtu.

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Sabtu, mengatakan penanaman pohon itu dilakukan di Muaro Tanjung Jorong Pondok, Nagari Ranah Pasisie, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

"Apel pagi hari ini kita pusatkan di tepi pantai ini. Usai itu langsung menanam pohon oleh personel dan dibantu masyarakat," katanya.

Penanaman pohon di lokasi abrasi pantai ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang pernah dilaksanakan pada 23 Agustus 2023 bersama Pemkab Pasaman Barat.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya telah ditanam 1.900 bibit pohon, sedangkan kali ini mereka menambah 1.300 bibit pohon sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi di pinggir Pantai Sasak, sambil menyisipkan tanaman yang telah mati.

Kegiatan ini, katanya, merupakan kontribusi Polres Pasaman Barat dalam mengatasi masalah perubahan iklim dan menunjukkan kepedulian Polri terhadap penghijauan, khususnya di daerah pesisir pantai.

"Pohon yang ditanam dan yang disisip adalah bibit pohon bakau dan pohon cemara laut, bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi di pinggir pantai serta meningkatkan kunjungan pariwisata di Pantai Sasak," katanya.

Dia menjelaskan penanaman pohon bakau ini memberikan manfaat besar bagi keberlanjutan lingkungan dan membantu dalam menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi akibat gelombang, arus ombak, dan pasang surut.

Ia mengatakan bahwa kegiatan penanaman dan penyisipan pohon bakau ini merupakan bagian dari program Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo yang bertema "Polri lestarikan negeri dengan melakukan penghijauan sejak dini".

"Kami berharap kegiatan ini akan menjadi rutinitas yang terus kita galakkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan lingkungan di wilayah Pasaman Barat," ujarnya.

Ia mengharapkan, kegiatan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk berpartisipasi dalam menjaga alam dan lingkungan sekitar.

Proses penanaman ini dihadiri oleh Wakapolres Kompol Chairul Amri Nasution bersama para pejabat utama Polres Pasaman Barat, Kapolsek Pasaman, serta dibantu pihak kecamatan dan pemuda setempat.