Unand beri penghargaan dosen yang produktif menulis

id berita padang, berita sumbar, universitas andalas, unand, unand padang, dosen produktif

Unand beri penghargaan dosen yang produktif menulis

Pemberiaan penghargaan kepada dosen Unand yang produktif menulis artikel , buku dan menciptakan paten di Padang, Rabu (29/1). (Antara/humas)

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang memberikan penghargaan kepada dosen yang paling produktif menulis artikel di media massa, buku serta menciptakan hak paten.

"Kami mendorong penuh peningkatan produksi karya ilmiah dan inovasi oleh dosen dan mahasiswa, sehingga meningkatkan reputasi kampus dan memberikan nilai tambah," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu pada pemberian penghargaan paten, hak cipta, buku, artikel media massa dan pelatihan komersialisasi HAKI perguruan tinggi.

Menurut dia saat ini orientasi penelitian ini tidak hanya untuk kenaikan pangkat, tetapi bagaimana pengembangan hilirisasi hasil penelitian.

Apalagi, dalam tiga tahun terakhir,Universitas Andalas sudah menempati peringkat nasional dalam kinerja penelitian, kata dia.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unand Uyung Gatot S Dinata berharap pemberian penghargaan dapat meningkatkan atmosfer penciptaan paten, penulisan artikel serta buku.

"Kampus adalah tambang inovasi yang dapat hasilnya bisa memberi peluang meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan," ujarnya.

Untuk fakultas yang menciptakan paten terbanyak pada 2019 yaitu Fakultas Teknik 37 paten, Fakultas Farmasi 31 paten dan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan 23 paten.

Sementara dosen dengan paten terbanyak pada 2019 yaitu Dr Akmal Djamaan 26 paten, Firman Ridwan, M.Sc 8 paten, Dr Uyung Gatot S Dinata, Dr Juniarti dan Ferdhinal Asrul 7 paten.

Kemudian fakultas dengan hak cipta terbanyak pada 2019 yaitu Fakultas Ilmu Budaya 172 karya, Fakultas Teknologi Pertanian 47 karya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 43 karya.

Sedangkan dosen dengan hak cipta terbanyak pada 2019 yaitu Pramono, Ph.D 49 karya, Dr Muhammad Makky 42 karya dan M.Yusuf, M.Hum 32 karya.

Untuk kategori fakultas dengan jumlah buku terbanyak pada 2019 Fakultas Teknik 56 judul, Fakultas Ilmu Budaya 43 judul, dan Fakultas Ekonomi 30 judul.

Kategori dosen dengan jumlah buku terbanyak pada 2019 yaitu Heru Dibyo Laksono 21 judul, Sosmiarti 17 judul, Yulmira Yanti 10 judul.

Berikutnya kategori dosen dengan artikel media massa terbanyak pada 2019 yaitu Bahren 61 artikel,Hardisman 50 artikel dan Virtuous Setyaka 42 artikel.

Untuk kategori dosen dengan artikel media massa terbanyak rentang 2016-2019 Ike Revita 87 artikel, Hardisman 76 artikel dan Bahren 69 artikel.

Terakhir Inventor Life Time Achievement diraih Prof Akmal Djamaan dan pencipta Life Time AchievementHeru Dibyo Laksono.

Adapun penghargaan yang diberikan dalam bentuk piagam dan uang tunai.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar