Polisi Pariaman dalami dugaan penipuan berkedok ormas Indonesia Mercusuar Dunia

id ormas Indonesia Mercusuar Dunia ,Polres Pariaman,IMD

Polisi Pariaman dalami dugaan penipuan berkedok ormas Indonesia Mercusuar Dunia

Kapolres Pariaman, Sumbar AKBP Andry Kurniawan di Pariaman. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat, mendalami dugaan penipuan berkedok organisasi masyarakat (Ormas) Indonesia Mercusuar Dunia (IMD).

"Siang tadi kami meminta keterangan dari Ketua IMD Kota Pariaman Ayattudin dan Ketua IMD Kabupaten Padang Pariaman Mery Heryenti," kata Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan dari tindakkan tersebut diperoleh informasi bahwa uang yang akan diberikan kepada anggota ormas yang mencapai Rp3 miliar per bulan itu berasal dari Mr. Dony Pedro, yang merupakan Presiden atau pemilik Bank UBS yang berada di Swiss dengan aset 10 triliun dolar.

Selain itu, Mery sudah pernah datang ke rumah Pedro yang berada di Bandung dan sudah pernah mengirimkan uang dari pendaftaran warga kepada Pedro melalui rekening istri Pedro.

"Namun ketika saya minta Polsek setempat untuk mengetahui rumah Pedro, informasinya dia ini hanya mengontrak di Bandung," katanya.

Ia menyampaikan bahwa aktivitas ormas tersebut tidak memiliki izin di Pariaman dan Padang Pariaman dan diduga kuat sebuah penipuan karena tidak terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik setempat namun sudah melakukan aktivitas mengiming-imingi kepada warga.

Bahkan kedua kepengurusan ormas itu baik di Kota Pariaman maupun Kabupaten Padang Pariaman hanya bersifat sementara sehingga belum terbentuk struktur organisasi.

Ia mengatakan pihaknya pun bersama Pemerintah Kota Pariaman dan Padang Pariaman telah mencopot 10 spanduk yang dipasang pengurus yang terdiri empat di Desa Sikapak Timur dan enam di Padang Alai, Kecamatan Limo Koto Timur.

Ia menyampaikan pihaknya belum bisa memasukkan hal ini ke dalam ranah hukum karena belum ada yang melapor namun ia meminta warga setempat untuk tidak mudah tertipu dengan diimingi-imingi uang.

"Hari Senin kami akan mengundang keduanya lagi untuk meminta keterangan lebih lanjut," tambahnya.

Sebelumnya Wali Kota Pariaman Genius Umar membubarkan kegiatan Indonesia Mercusuar Dunia (IMD) yang diduga melakukan penipuan berkedok organisasi masyarakat (ormas) di Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara.

"Kegiatan seperti ini sudah sering terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dan IMD ini juga diduga penipuan," katanya di Pariaman.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar