Padang akan sediakan wifi gratis di area Permindo Night Market

id berita padang, berita sumbar, wifi gratis, permindo night market

Padang akan sediakan wifi gratis di area Permindo Night Market

Sejumlah pengunjung menikmati sajian musik saat digelarnya "Permindo Night Market" di Jl Permindo, Padang, Sumatera Barat (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang akan menyediakan wifi gratis di kawasan Permindo Night Market sebagai upaya menyediakan layanan data bagi pengunjung pasar yang digelar setiap Sabtu malam.

"Penyediaan wifi gratis ini tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung namun juga masyarakat yang memiliki usaha daring sehingga bisa meningkatkan transaksi," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang RudyRinaldi di Padang, Rabu.

Menurut dia wifi gratis tersebut diambil dari pemanfaatan jaringan yang dimiliki pemkot Padang namun belum optimal digunakan.

Pada malam hari jaringan internet pemkot tidak digunakan, jadi dipindahkan ke kawasan Permindo sehingga bisa dinikmati warga kota, kata dia.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada 10 titik lokasi wifi gratis yang disediakan Pemkot Padang untuk memudahkan warga mengakses internet.

Untuk di kawasan Permindo Night Market wifi gratis disediakan setiap Jumat malam dan Sabtu malam.

Penyelenggaraan kegiatan pasar malam di Kota Padang yang bertajuk Permindo Night Market resmi dimulai sejak 9 November 2019

"Permindo Night Market mengambil tempat di Jalan Permindo Padang yang dimulai pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB menghadirkan beragam suguhan mulai dari kuliner, hiburan dan lainnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Padang Hendri Septaberharap dengan Permindo Night Market bisa meningkatkan omset pedagang tidak hanya PKL tapi juga pemilik toko yang ada di sepanjang jalan Permindo Padang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal menyampaikan pihaknya menyiapkan 49 tenda yang dipasang di sepanjang Jalan Permindo selain 51 pedagang kaki lima yang sudah ada.

Untuk pedagang yang akan berpartisipasi akan dilakukan seleksi dan akan diisi beragam makanan khas dan spesifik, ujarnya.

Kemudian untuk hiburan akan diisi oleh Kelompok Pengamen Jalanan sehingga Permindo Night Market bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata di malam hari, kata dia.

Ia menyampaikan selama pelaksanaan Permindo Night Market Jalan Permindo akan ditutup dari kendaraan dan disediakan tempat parkir khusus di Jalan Ratulangi, hingga di depan Padang Theater.

Jadi pengunjung bisa menikmati berjalan kaki serta singgah berbelanja di berbagai stand yang tersedia dan akan dimeriahkan dengan hiasan lampu yang menarik, katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian mengatakan Permindo Night Market tidak hanya sebatas pasar tempat transaksi antara pedagang dengan pengunjung.

"Konsepnya adalah sebagai tempat kunjungan wisata di malam hari dengan berbagai pilihan belanja yang beragam serta hiburan baik tradisional dan modern," kata dia.

Sejalan dengan itu Penasihat Kesatuan Pedagang Jalan Permindo Miko Kamal memastikan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan Permindo Night Market.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar