Keluar sebagai juara etape III Dakar 2020, Brabec dan Sainz rubah peta persaingan

id dakar 2020,reli dakar,ricky brabec,carlos sainz

Keluar sebagai juara etape III Dakar 2020, Brabec dan Sainz rubah peta persaingan

Pebalap tim Bahrain JCW X-Raid Carlos Sainz dan Lucas Cruz melaju di etape III Reli Dakar 2020 di Neom, Arab Saudi, Selasa (7/1/2020) ANTARA/HO/DPPI Media

Jakarta, (ANTARA) - Etape III Reli Dakar menyaksikan penampilan impresif Ricky Brabec dan Carlos Sainz, yang keduanya keluar sebagai juara etape dan mengambil alih pimpinan klasemen umum sementara.

Brabec tak menghadapi tantangan berarti ketika melibas 504km rute memutar di Neom, Selasa, meski rival-rival lainnya terkendala dengan masalah navigasi.

Trek cepat di 100km pertama memaksa para kompetitor melakukan slalom di antara batu-batu raksasa yang terdapat di Wadi ash Sharmah sebelum menuju pegunungan Jabal ash Shifa dan melibas medan berbatu di bagian akhir rute.

Brabec finis pertama hari itu dengan motor Hondanya dengan jarak yang cukup lebar dari rekan satu timnya, Jose Ignacio Cornejo dengan jarak lima menit 56 detik sehingga mengambil alih pimpinan klasemen dari Sam Sunderland yang melorot ke peringkat ke-9.

Sejumlah pebalap seperti Jose Ignacio Cornejo dan Pablo Quintanilla mengalami kesulitan navigasi di mana terdapat way-point yang tidak tercantum di roadbook mereka hingga sempat kebingungan mencari rute yang tepat.

Karena kesalahan teknis yang berdampak kepada GPS para pebalap, maka steward balapan memutuskan untuk merubah hasil catatan waktu di SS yang kemudian ditentukan dengan waktu yang dibukukan di way-point 53, setelah 389km dari rute semula.

Kevin Benavides dengan selisih empat menit 43 detik menjadi pesaing terdekat di klasemen dan Matthias Walkner menguntit di peringkat tiga dengan selisih enam menit dua detik.

Pebalap Prancis Adrien Van Beveren kembali mendapati edisi Dakar yang tak bersahabat. Setelah gagal menyelesaikan dua edisi sebelumnya, Beveren mengalami kecelakaan hebat di empat kilometer pertama Special Stage hari ini, pukulan yang berat bagi pebalap tumpuan Yamaha itu.

"Saya sedih Adrien harus meninggalkan balapan karena dia adalah seorang pebalap hebat dan kami telah mengembangkan strategi dengan baik, tapi hal-hal sulit selalu terjadi di Dakar dan kami harus menghapi konsekuensi itu," kata rekan satu tim Xavier de Soultrait.

De Soultrait juga terjatuh setelah km 350 dan mengalami pendarahan di lengannya namun mampu finis di peringkat ke-10 hari itu.

Di kategori quad bike, Giovanni Enrico mengakhiri supremasi Ignacio Casale dan meraih kemenangan etape perdananya.

Sementara di kategori mobil, Carlos Sainz merasakan gelar juara etape ke-33 sepanjang karirnya di reli legendari itu sehingga sang pebalap Spanyol tersebut memimpin klasemen umum sementara di depan runner-up hari itu sekaligus rivalnya yang konsisten, Nasser Al-Attiyah.

Di edisi Dakar ketiga yang ia ikuti, pebalap tuan rumah Yasir Seaidan tak mendapat sorotan sebanyak kompatriot senegaranya Yazeed Al Rajhi. Namun debut Dakar di Arab Saudi telah memberikan kepercayaan diri bagi para pebalap tuan rumah.

Seaidan dengan mobil Mini mampu finis keempat, lima menit di belakang Sainz, dan membawanya mendekati peringkat 10 besar klasemen.

Sedangkan Al Rajhi, mengaku bermain aman setelah mengalami dua kali ban bocor dan satu kerusakan ban di awal SS untuk finis keenam sehingga menempatkan dirinya ke peringkat empat klasemen, cukup menjanjikan bagi masa depan dunia reli di daratan Timur Tengah.

Juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso juga mendapati hasil positif hari ini setelah kehilangan banyak waktu di etape sebelumnya. Di samping co-driver Marc Coma, Alonso membawa Toyota Hiluxnya finis kelima (+6'14") setelah pebalap tuan rumah Yasir Seaidan.

Meski finis tercepat kelima hari itu, catatan waktu Alonso masih terlampau jauh dari Sainz hingga terpaut dua jam 40 menit imbas dari kerusakan ban di etape II.

Lalu ada Sheikh Khalid Al Qassimi yang menyudahi perjalanannya di Dakar kali ini setelah mobil sang pebalap asal UEA itu terjungkal dan terbalik beberapa kali hingga hancur sebelum memasuki zona netral.



Di kategori SSV, balapan berlangsung cukup ketat di mana Gerard Farres keluar sebagai juara setelah tampil cepat jelang finis, menyisakan jarak 18 detik dari Sergei Kariakin yang finis runner-up dan satu menit 37 detik dari pemimpin klasemen Casey Currie.

Sedangkan Francisco Lopez Contardo menempel ketat Currie di klasemen dengan jarak 15 detik saja.

Kemudian di kategori truk, Andrey Karginov asal Rusia mengalahkan Siarhei Viazovich dan kini menempel pebalap asal Belarusia itu di klasemen sementara dengan jarak dua menit 18 detik.

Etape IV akan menempuh rute Neom menuju Al Ula dengan Spesial Stage sepanjang 453km. (*)