Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Mekar di Agam

id Bunga bangkai terbesar di dunia, agam

Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Mekar di Agam

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan sedang melihat bunga Rafflesia Tuan-mudae di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Senin (30/12). (ANTARA SUMBAR/ist)

Lubuk Basung (ANTARA) - Bunga Rafflesia jenis Tuan-mudae terbesar di dunia yang tumbuh di Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mulai mengembang atau mekar pada hari pertama.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan didampingi Pengendali Ekosistim Hutan BKSDA, Ade Putra di Lubukbasung, Senin, mengatakan perigon atau kelopak bunga rafflesia itu mulai terbuka.

"Diperkirakan bunga ini akan mekar sempurna pada Rabu (1/1) atau pada hari ketiga. Diperkirakan mekar akan mencapai diameter lebih dari 110 centimeter," katanya.

Ia mengatakan, bunga itu bakal dipantau ketat oleh petugas BKSDA dan bakal dipantau setiap harinya sampai hari ke tujuh.

Pada 2017, bunga rafflesia Tuan-mudae juga pernah mekar dengan diameter 107 centimeter atau terbesar di dunia.

Ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahli dan Peneliti Tumbuhan Rafflesia Universitas Bengkulu, Dr Agus Susatya.

Di lokasi itu, tambahnya pernah ditemukan sekitar 43 knop dan saat ini hanya tinggal lima knop karena sudah mekar.

"Hampir tiap bulan bunga itu mekar di lokasi yang merupakan Hutan Cagar Alam Maninjau," katanya.

Ia mengakui Bunga Rafflesia Tuan-mudae ini merupakan satu-satunya di Indonesia, karena belum pernah di temukan provinsi lain.

Tuan-mudae itu hanya ditemukan di Serawak, Malaysia. Rafflesia Tuan-mudae merupakan species yang hampir mirip dengan Rafflesia Arnoldii.

Namun berdasarkan hasil penelitian dan explorasi yang dilakukan oleh Agus Susatya pada Oktober 2017, menyebutkan beberapa perbedaan morfologi atau fisik antara jenis rafflesia di Cagar Alam Maninjau dengan Arnoldii seperti warna kelopak atau perigon, kalau Arnoldii lebih ke oranye sedangkan Tuan-mudae ke arah merah maron.

Kemudian pola putih atau bercak pada kelopak bunga. Bercak di Cagar Alam Maninjau tunggal sedangkan Arnoldii itu ganda atau besar dan kecil.

Sampai akhir 2017 jumlah jenis tumbuhan Rafflesia di dunia ada 31 jenis, 15 jenis terdapat di Indonesia, dan 11 jenis berada di Pulau Sumatera. (*)