LL Dikti Wilayah X sediakan Laboratorium untuk perguruan tinggi swasta

id Berita Padang,LL Dikti Wilayah X,berita sumbar,kampus di sumbar,kampus di padang

LL Dikti Wilayah X sediakan Laboratorium untuk perguruan tinggi swasta

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri (Antara / Laila Syafarud)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LL Dikti) Wilayah X menyediakan laboratorium untuk memberikan pelayanan dan kemudahan terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) yang terdapat di wilayah tersebut.

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri saat dihubungi dari Padang, Kamis mengatakan laboratorium tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi setiap dosen dan mahasiswa yang hendak melakukan praktik dan penelitian.

"Salah satu keunikan di LL Dikti Wilayah X yakni memiliki Laboratorium sendiri yang sudah sejak lama didirikan dan bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa di wilayah tersebut untuk melakukan penelitian," kata dia.

Ia juga mengatakan alat yang terdapat di laboratorium tersebut lengkap, sehingga memudahkan mahasiswa untuk melakukan penelitian.

Menurutnya Laboratorium sangat dibutuhkan bagi perguruan tinggi swasta terutama bagi Prodi sains untuk melakukan praktik dan penelitian, sehingga LL Dikti Wilayah X berupaya untuk memfasilitasi Laboratorium.

Selain untuk perguruan tinggi swasta, bagi dosen atau mahasiswa dari perguruan tinggi negeri yang ingin menggunakan laboratorium LL Dikti Wilayah X juga bisa, kata dia.

"Persyaratannya cukup mengajukan surat izin praktek ke petugas Labor supaya terakomodir," ujarnya.

Ia juga mengatakan LL Dikti Wilayah X juga mempunyai program seperti Praktikum Laboratorium Mobile.

Laboratorium Mobile bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PTS khususnya di bidang praktikum dan analisis.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pengembangan pengetahuan mahasiswa tentang berbagai peralatan yang digunakan dan juga untuk melatih mahasiswa dalam pengukuran, analisis, diskusi ilmiah serta kerja laboratorium yang aman dan sehat, kata dia. (*)