Mengejutkan, SIM sopir bus Sriwijaya naas mati sejak 2010

id bus sriwijaya,Bus masuk jurang,Penyebab bus sriwijaya masuk jurang,Korban bus sriwijaya

Mengejutkan, SIM sopir bus Sriwijaya naas mati sejak 2010

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono didampingi Dirut Jasa Raharja Budi Rahadjo di Pagaralam, Sumatera Selatan, Rabu (25-12-2019), setelah memantau lokasi kejadian kecelakaan Bus Sriwijaya. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Kepolisian masih menyelidiki penyebab kecelakaan maut Bus Sriwijaya di Pagaralam, Senin (23/12) pukul 23.15 WIB, yang sementara ini sudah merenggut nyawa 35 orang dan 13 orang korban selamat.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono seusai memantau lokasi kejadian, Rabu, mengatakan bahwa polisi akan menyelidiki penyebab kecelakaan hingga 2 hari ke depan.

”Sudah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), nanti akan dianalisis secara lengkap dan saat ini masih pengumpulan data," kata Irjen Pol. Istiono.

Baca juga: Evakuasi Bus Sriwijaya dihentikan, korban meninggal 35 orang

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kata dia, SIM pengemudi yang turut menjadi korban bus itu sudah tidak berlaku sejak 2010.

Namun, untuk izin PO bus, menurut dia, sudah cukup lama beroperasi, termasuk busnya sudah dipakai lebih dari 20 tahun.

"Kami masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut," kata Irjen Pol. Istiono.

Baca juga: Tangis dan bahagia Dwi, menikah di depan jenazah bapaknya

Berdasarkan hasil pengamatan langsung, Istiono menerangkan bahwa karakteristik jalan tergolong berbahaya karena jalannya menanjak cukup tajam.

Menurut dia, pengemudi harus berkonsentrasi dan kendaraannya juga prima.

"Trek ini menurut saya terlalu tajam, perlu adanya papan pengumuman. Selain itu, perlu adanya penerangan jalan dan rambu warning agar kejadian ini tidak terulang lagi,” ujar Istiono.

Baca juga: Tiga korban tewas kecelakaan Bus Sriwijaya belum diketahui identitasnya

Bus Sriwijaya diduga tidak dapat menaiki tanjakan tajam sehingga mundur menabrak beton pembatas, kemudian terjun ke jurang setinggi 8 meter.

Baca juga: Evakuasi korban kecelakaan Bus Sriwijaya dilanjutkan, sudah 41 korban ditemukan 28 meninggal