Pemkab Tanah Datar gali potensi dan pengembangan wisata daerah melalui dialog budaya

id Tanah Datar

Pemkab Tanah Datar gali potensi dan pengembangan wisata daerah melalui dialog budaya

Dialog budaya dan pariwisata untuk untuk menggali potensi dan pengembangan pariwisata di Tanah Datar (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat menggali potensi dan pengembangan wisata di daerah itu melalui dialog budaya yang melibatkan pegiat pariwisata, pemuda, tokoh adat, komunitas dalam memeriahka Festival Pesona Minangkabau 2019.

Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi di Batusangkar, Sabtu mengatakan melalui dialog tersebut memberikan masukan terhadap perkembangan dalam memajukan pariwisata, serta menjadikan Tanah Datar sebagai pusat destinasi utama pariwisata di Sumatera Barat dan nasional

Ia mengatakan Tanah Datar sebagai daerah asli Minangkabau memiliki ragam nilai budaya yang bisa dikembangkan menjadi destinasi pariwisata budaya.

Dalam pemaparannya sebagai narasumber, ia mengatakan wisata budaya adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan mengunjungi tempat tertentu bertujuan untuk rekreasi ataupun mempelajari daya tarik budaya dengan memanfaatkan lokasi yang dikunjungi.

Untuk Tanah Datar ada sebanyak 12 unsur budaya yang dapat dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Diantaranya bisa melalui bahasa daerah, kegiatan masyarakat, kerajinan daerah, makanan, musik dan kesenian, sejarah suatu tempat, arsitektur, dan tata cara berpakaian masyarakat.

"Sebagai Luhak nan Tuo atau autentiknya Minangkabau wisata budaya merupakan salah satu potensi unggulan yang bisa dikembangkan di Tanah Datar," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan dialog budaya ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap perkembangan dan memajukan pariwisata di Tanah Datar