Sehari, Rumah potong hewan Payakumbuh produksi 10 ton daging sapi

id rumah potong hewan,produksi daging sapi payakumbuh,pasar daging sapi payakumbuh

Sehari, Rumah potong hewan Payakumbuh produksi 10 ton daging sapi

Kepala UPTD Rumah Potong Hewan dan Pasar Ternak Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Hasri Roza. (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Rumah Potong Hewan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat memproduksi daging sapi mencapai 10 ton per hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Kepala UPTD Rumah Potong Hewan dan Pasar Ternak Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Hasri Roza Senin, mengatakan sebanyak 10 ton tersebut didapat dari dua rumah potong hewan yang terdapat di daerah itu.

"Yakni rumah potong hewan modern bertempat di kawasan Dinas Pertanian dan rumah potong hewan tradisional bertempat di Pasar Ibuh Payakumbuh," katanya.

Ia mengatakan untuk rumah potong hewan tradisional di Pasar Ibuh, Payakumbuh Barat setiap harinya terdapat sekitar enam sampai tujuh ekor sapi yang dipotong.

Sedangkan di rumah potong hewan modern di kawasan Dinas Pertanian juga terdapat sekitar enam sampai tujuh ekor sapi yang dipotong.

"Kalau dijumlahkan keduanya sekitar 10 bahkan sampai 15 ekor sapi yang dipotong atau sekitar 10 ton lebih perhari," ujarnya.

Ia mengatakan untuk rumah potong hewan modern belum bisa beroperasi penuh karena masih terkendala sarana dan prasarana.

Tapi kalau sudah maksimal dalam sehari bisa memotong 50 ekor sapi perhari. Tapi saat ini baru bisa menampung 10 sampai 14 ekor sapi setiap harinya.

Rumah potong hewan juga terbuka bagi warga yang hendak memotong ternaknya bila sesuai dengan standar operasional, seperti izin dan kondisi kesehatan hewan.

"Kesehatan hewan yang akan dipotong harus kita pastikan, sehingga daging yang nantinya dikonsumsi konsumen bisa dijamin kesehatannya," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar