RSUD Achmad Mochtar layani pasien penyakit jantung peserta JKN-KIS

id RSUD Achmad Mochtar,layani pasien penyakit jantung,bukittinggi,berita bukittinggi,berita sumbar

RSUD Achmad Mochtar layani pasien penyakit jantung peserta JKN-KIS

Seorang pasien sedang menjalani perawatan jantung di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Achmad Mochtar Sumatera Barat kini melayani pasien penyakit jantung setelah tersedia ruang cath lab atau kateterisasi untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung.

"Cath lab sudah dibuka sejak 14 Oktober 2019 dan melayani pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)," kata Direktur RSUD dr Achmad Mochtar dr Khairul Said melalui Humas Mursalman di Bukittinggi, Jumat.

Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang membutuhkan layanan untuk keluhan pada jantung.

"Sebelumnya jika ada pasien jantung kami selalu rujuk ke RSUP M Djamil di Padang. Tapi sekarang peserta JKN-KIS wilayah Sumbar Utara sudah dapat berobat di cath lab Bukittinggi, sudah banyak antrean pasien," katanya.

Layanan di cath lab dibuka setiap hari kerja didukung satu dokter spesialis jantung intervensi yang dapat melakukan operasi kateterisasi dan dua dokter spesialis jantung.

Dokter spesialis jantung intervensi di RSUD tersebut dr Trian Faesa mengatakan sejak dibuka pelayanan pada 14 Oktober 2019, hingga saat ini tercatat sudah 24 orang pasien yang berobat.

"Penyakit jantung berhubungan dengan gaya hidup. 24 pasien yang pernah berobat di sini adalah para perokok aktif," katanya.

Ia menerangkan cath lab di RSAM didukung fasilitas seperti ruang VIP, ruang pemulihan, alat kateterisasi dengan kelebihan mampu memberikan gambaran untuk kemudahan tindakan oleh dokter, tingkat keberhasilan lebih tinggi, detektor khusus dan lebih aman radisasi dibanding mini cath lab.

"Di sini melayani diagnostik, dan tindakan berupa kateterisasi jantung dan pemasangan cincin," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar