Satgas Saber Pungli Payakumbuh bertekad cegah semua pungutan liar

id satgas saber pungli,pungutan liar,pemkot payakumbuh

Satgas Saber Pungli Payakumbuh bertekad cegah semua pungutan liar

Sosialisasi pencegahan dan penghapusan pungutan liar di Kota Payakumbuh. (Dok. Humas Payakumbuh)

​​​​​​​Payakumbuh, (ANTARA) - Tim satuan unit Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang dimotori Inspektorat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat bertekad mencegah semua praktik pungutan liar di kota tersebut.

"Tim saber pungli Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk mencegah dan menghapus praktik tersebut, jika ada akan berurusan langsung dengan hukum," kata Kepala Inspektorat Payakumbuh, Andri Narwan di Payakumbuh.

Ia mengatakan untuk mencegah pungutan liar tersebut pihaknya menggelar sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu hingga perwakilan di kelurahan.

Ia mengatakan pungutan liar perlu pemberantasan secara tegas, efisien dan efektif agar membuat si pelaku jera sehingga terciptanya Kota Payakumbuh sebagai daerah bebas dari pungutan liar.

Ia mengatakan sebagai lembaga pengawasan di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, sosialisiasi itu dapat meminimalisir pungutan liar dan sebaliknya akan meningkatkan pendapatan daerah.

"Sebagai badan pengawas kami akan mengawasi sampai ke tingkat camat dan lurah, sehingga tidak akan ada lagi pungutan yang terjadi di tingkat instansi tersebut," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan praktik pungutan liat bisa saja terjadi kapanpun dilingkungan pemerintahan, hingga di kecamatan dan kelurahan.

"Untuk itu saya mengimbau perangkat daerah sebaiknya menolak apapun bentuk ucapan terima kasih dari siapapun, karna kita harus menghindari dan mengantisipasi praktik pungutan liar yang bisa terjadi kapan pun di lingkungan pemerintahan kota Payakumbuh ini," katanya.