Animo Masyarakat Minang Pergi Umroh Meningkat (Video)

id umroh padang,berita padang,berita sumbar,naik haji,paket umroh

Animo Masyarakat Minang Pergi Umroh Meningkat (Video)

Al-Azhar Islamic Tour Aulia (Antara/Nofryan Alzaqory)

Padang (ANTARA) - Minat masyarakat Minang untuk melaksanakan ibadah umroh terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, menyusul semakin panjangnya daftar antrian untuk pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Staf Al-Azhar Islamic Tour Aulia menyatakan tingginya minat umrah tidak dipengaruhi oleh melemahnya ekonomi saat ini, melainkan karena tingginya kiriman peserta umrah dari luar Kota Padang oleh perwakilan cabang di setiap daerah, hal tersebut bisa dilihat dari kiriman yang terjadi dan pendaftaran langsung oleh masyarakat ke biro perjalanan Umrah dan Haji Al - Azhar Islamic Tour, di Padang, Rabu (30/10/2019).

Al-Azhar Islamic Tour yang memiliki banyak perwakilan cabang di Sumatera Barat , Riau dan Jambi berdampak cukup signifikan terhadapa meningkatnya jamaah umrah setiap tahunnya, data pada biro Al-Azhar Islamic Tour menjelaskan 2016 peserta jamaah umrah tercatat sebanyak 630 orang, 2017 meningkat menjadi 750 orang, 2018 juga mengalami peningkatan menjadi 820 orang dan pada Oktober 2019 ini peserta umrah sudah tercatat sebanyak 900 orang bahkan bisa meningkat lagi hingga Desember 2019.



Selain kiriman peserta umrah dari perwakilan cabang Aulia mengaku peningkatan masyarakat untuk pergi umrah juga disesuaikan pada musim yang ada di Arab Saudi , seperti musim panas Juni-Agustus suhu udara bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sebaliknya pada musim dingin November-Februari suhu pada siang hari 38-42 derajat celsius, sementara malam bisa mencapai 8 derajat celsius. Pada bulan Maret-Mei, cuaca bisa dikatakan sedang sejuk dan lebih bersahabat.

"Jadi peningkatan yang signifikan biasanya di saat musim dingin di Arab Saudi," ujar Aulia

Data Kementerian Agama mencatat, sepanjang September 2017 - September 2018), ada sebanyak 1.005.000 orang Indonesia yang berangkat menunaikan ibadah umrah.

Bahkan, sepanjang semester September 2018 - Februari 2019 sudah ada sekitar 534.000 peserta umrah yang berangkat ke Tanah Suci. Kementerian Agama memproyeksikan jumlah peserta umrah tahun 2019 bakal naik dibanding tahun sebelumnya.

Penulis merupakan mahasiswa magang di portal www.sumbar.antaranews.com

Baca juga: Gunakan kartu Brizzi saat naiki trans padang

Baca juga: Kaligrafi kontemporer cabang lomba MTQ antar mahasiswa se-sumbar

Baca juga: Peminat batu akik menurun di Padang, akibat pengaruh ekonomi (Video)
Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar