Tak pakai "Safety Belt" pelanggaran terbanyak selama Operasi Zebra Polres Solok Arosuka

id Operasi Zebra Polres Solok Arosuka,Polres Solok Arosuka,berita solok,berita sumbar

Tak pakai "Safety Belt" pelanggaran terbanyak selama Operasi Zebra Polres Solok Arosuka

Petugas polisi saat merazia pengendara motor dalam Operasi Zebra Singgalang 2019. (Ist)

Arosuka, (ANTARA) - Kepolisian Resor Solok Arosuka, Sumatera Barat menyatakan pelanggaran paling banyak ditemukan selama Operasi Zebra dari 23-29 Oktober 2019 di daerahitu adalahtidak memakai 'safety belt'atau sabuk pengaman.

"Dari 521 surat tilang yang dikeluarkan, 382 merupakan pelanggaran tidak memakai 'safety belt' dan kemungkinan akan bertambah lagi," kata Kapolres Solok Arosuka, AKBP Ferry Irawan melalui KasatlantasIptu Bayful Yendri di Arosuka, Rabu.

Selain itu, pelanggaran lainnya tidak memakai helm 22 pelanggaran, penggunaan handphone 12, pengendara bawah umur 88, dan lainnya 17 pelanggaran.

Ia menyebutkan surat bukti pelanggaran (tilang) ini dikeluarkan setelah melakukan Operasi Zebra di beberapa titik, seperti depan Markas Polres Arosuka, Tugu Ayam, dan Simpang Koramil Selayo.

Menurutnya, ada tujuh pelanggaran yang menjadi sasaran yaitu tidak menggunakan helm standar, tidak menggunakan safety belt, melawan arus, pengendara di bawah umur, menggunakan handphone saat berkendara, mabuk saat berkendara, dan menyalahgunakan stroborotator dan sirine.

"Selain itu, kami juga menahan kendaraan motor yang tidak mempunyai SIM dan STNK," ujarnya.

Menurutnya, kendaraan ini akan diserahkan kepada pemilik setelah sidang dilakukan di Pengadilan Negeri Koto Baru tergantung waktu ketika ditilang, karena saat operasi barang bukti tidak boleh diserahkan ke pemilik.

"Kami berharap dengan operasi ini masyarakat semakin sadar dengan aturan lalu lintas, sehingga penyebab kecelakaan lalu lintas berkurang," ujarnya.

Penyebab utama kecelakaan lalu lintas biasanya karena pelanggaran dan kelalaian yang dilakukan pengemudi.

Ia menyebutkan selama operasi Zebra Singgalang hanya terjadi satu kecelakaan lalu lintas. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar