Buya Syafii: Mendikbud harus dijabat tokoh yang paham pendidikan

id Mendikbud,kader muhammadiyah posisi menteri,buya syafii maarif,pendiri maarif institut

Buya Syafii: Mendikbud harus dijabat tokoh yang paham pendidikan

Pendiri Maarif Institute Buya Syafii Maarif (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Maarif Institute Ahmad Syafii Maarif atau Buya Safii meminta agar Presiden Joko Widodo memilih tokoh yang ahli dalam pendidikan untuk menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada periode mendatang.

"Orang yang paham pendidikan yang menempati posisi itu, saya tidak bisa menyebut nama, tapi mengerti pendidikan dan luwes atau pandai bergaul," ujar Buya Syafii usai menghadiri seminar dan peluncuran buku pengayaan pengawas sekolah di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan ada beberapa bidang yang harus diperhatikan oleh Mendikbud periode berikutnya, yakni pembentukan karakter siswa.

Aspek afektif, kata dia, kurang mendapatkan perhatian saat ini, karena lebih pada kognitif.

"Otak diisi, tapi jantung tidak diisi.Ini yang harus diperhatikan menteri berikutnya," kata dia.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu, juga menambahkan pihaknya menyerahkan semua keputusan pada Presiden Jokowi.

Meski demikian, ia berharap perlu mendapatkan perhatian karena Muhammadiyah telah bergelut dengan pendidikan selama lebih dari satu abad,

Sejumlah pos kementerian, dinilai layak untuk ditempati kader Muhammadiyah, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, maupun Kementerian Kesehatan.

Saat ditanya, apakah dia mengajukan kader untuk ditempatkan sebagai menteri, Buya Syafii menjawab tidak ada kader yang diajukan.

Namun, dia hanya meminta untuk mempertimbangkannya.