Pioli gantikan Giampaolo sebagai pelatih Milan

id AC Milan pecat pelath, Marco Giampaolo,pelatih AC Milan

Pioli gantikan Giampaolo sebagai pelatih Milan

Pelatih AC Milan yang baru dipecat Marco Giampaolo. (Photo by Miguel MEDINA / AFP) (AFP/MIGUEL MEDINA)

Milan, Italia, (ANTARA) - AC Milan pada Selasa memecat pelatih Marco Giampaolo setelah memimpin hanya tujuh pertandingan ketika mantan raksasa Eropa itu tergelincir ke posisi 13 dalam klasemen Serie A, dengan mantan pelatih Inter Milan Stefano Pioli dilaporkan bakal menjadi penggantinya.

"AC Milan mengumumkan telah mencopot Tuan Marco Giampaolo dari posisinya sebagai Tim Pertama," umum klub itu seperti dikutip AFP.

"Klub berterima kasih kepada Marco atas karya yang diberikan dan mendoakan yang terbaik untuk karir profesionalnya."

Giampaolo menggantikan mantan pahlawan Milan Gennaro Gattuso yang musim lalu memimpin tim ini menduduki urutan kelima, tetapi kini tim ini hanya tiga poin di atas zona degradasi setelah empat kali menelan kekalahan yang salah satunya berasal dari kekalahan 0-2 dalam derby Milan melawan Inter.

Pelatih berusia 52 tahun itu kesulitan membangkitkan Milan yang lagi kesulitan keuangan yang kehilangan jatah Liga Europa musim ini karena melanggar aturan financial fair play UEFA.

Pioli dilaporkan akan mengisi jabatan lowong di klub yang terakhir juara liga pada 2011.

Gazzetta Dello Sport melaporkan bahwa Pioli akan meneken kontrak dua tahun senilai 1,5 juta euro (1,64 juta dolar).

Pioli menghabiskan 16 tahun karir kepelatihannya di Italia dengan menukangi Bologna, Lazio, Inter dan Fiorentina, tetapi tak pernah memenangkan gelar juara saat melatih, yang menyebabkan munculnya tagar #PioliOut di Twitter setelah reaksi marah penggemar atas pergantian pelatih Milan itu.

Pelatih berusia 53 tahun itu membawa Lazio ke Liga Champions pada 2015 dan menjadi pelatih Fiorentina ketika kapten Davide Astori meninggal dunia di kamar tidurnya menjelang sebuah pertandingan tahun lalu.

Raja media Italia dan mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi menjual klub ini kepada pengusaha China Li Yonghong pada 2017. Bekas pemain Brasil Leonardo mundur dari direktur olah raga Milan tahun ini untuk pindah ke Paris Saint-Germain yang kemudian digantikan Paolo Maldini dan Zvonimir Boban. (*)