Pariaman perkuat wisata halal dengan terapkan tertib ukur

id berita pariaman, berita sumbar,kota pariaman hari ini,pariaman wisata,peta kota pariaman,kecamatan di kota pariaman,sejarah pariaman anti cina,bahasa

Pariaman perkuat wisata halal dengan terapkan tertib ukur

Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar (Antara/Aadiat M S)

Pariaman, (ANTARA) - Wali kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Genius Umar mengatakan tertib ukur yang diterapkan pihaknya semenjak beberapa hari lalu terhadap sejumlah badan usaha milik negara dan daerah serta pihak swasta bertujuan untuk memperkuat wisata halal di daerah itu.

"Sebenarnya Pariaman dari segi makanan dan perilaku sudah masuk wisata halal," kata dia di Pariaman, Sabtu.

Namun untuk memperkuatnya, lanjutnya perlu diberikan kepastian kepada wisatawan bahwa takaran seluruh produk yang dijual di Pariaman sudah tertib ukur.

Menurutnya kepastian ukur tersebut diperlukan mengingat banyaknya wisatawan muslim yang ada di dunia yang tertarik datang ke Indonesia.

"Jadi dengan tertib ukur yang diterapkan di Pariaman maka diharapkan Pariaman menjadi gerbangnya wisata halal di Sumbar," ujarnya.

Apalagi, kata dia Pariaman menjadi anggota organisasi promosi wisata untuk kota se-Asia Fasifik atau Tourism Promotion Organization (TPO) for Asia Pasifik Cities yang mana dirinya menjabat sebagai wakil presiden di organisasi itu.

Ia mengatakan dengan Pariaman menjadi anggota dari organisasi tersebut maka promosi wisata kota itu akan mudah ke luar negeri.

"Wisatawan dari TPO saja mungkin sudah ribuan banyaknya apalagi ada dari negara lain," ujar dia.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman menyatakan daerah itu tertib ukur guna melindungi konsumen di kota itu dari perilaku pedagang nakal yang dapat merugikan masyarakat.

"Hari ini kami bersama pihak terkait di Pariaman berkomitmen menjadi daerah tertib ukur," kata Walikota Pariaman Genius Umar usai menandatangani komitmen bersama mewujudkan tertib ukur di Pariaman, Selasa.

Komitmen tersebut tidak saja untuk menjamin tertib ukur dari badan usaha milik negara dan daerah serta swasta namun juga ukuran timbangan milik pedagang yang ada di Pasar Pariaman karena telah mendapatkan pengakuan sebagai pasar tertib ukur semenjak 2016.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar