Korban puting beliung di Mapattunggul dapat bantuan sembako dan logistik

id bencana, puting beliung, pasaman, sumatera barat, infosumbar, info padang, kayu tumbang

Korban puting beliung di Mapattunggul dapat bantuan sembako dan logistik

Anggota DPRD Pasaman, Yulisman bersama Dinas Sosial Pemkab Pasaman saat menyerahkan bantuan. (Ist)

Lubukzikaping (ANTARA) - Korban bencana angin puting beliungAnasril (48) warga Jorong Benai, Nagari Muarotais, Kecamatan Mapattunggul, Kabupaten Pasaman, akhirnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah setempat.

Pasalnya, kondisi rumah korban ambruk pasca ditimpa pohon besar akibat bencana angin puting beliung, pada Jumat (13/9) lalu yangterjadi sekitar pukul 16.05 WIB.

"Kondisi rumah Anasril rusak berat sehingga tidak bisa ditempati lagi," ungkap Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Yulisman usai menyerahkan bantuan bersama Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Pasaman, Senin.

Berbagai jenis bantuan logistik dan perbekalan disalurkan untuk meringankan derita korban beserta keluarganya. Diantaranya, berupa beras 10 Kilogram, minyak goreng 4 liter, gula pasir, mie instan, dan telur.

"Kita mendapat informasi Jumat malam dari Kepala Jorong Benai. Malam itu juga kita langsung menghubungi Bapak Wabup Atos Pratama, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala BPBD Pasaman" kata Ketua Fraksi PAN DPRD Pasaman ini.

Ia mengatakan, rumah korban, rusak parah akibat ditimpa pohon. Rumah tersebut saat ini sudah rata dengan tanah. Korban Anasril bersama istri dan dua orang anaknya saat ini menumpang di rumah warga sekitar karena tidak memiliki rumah lagi.

"Malangnya, rumah yang rusak berat akibat bencana alam itu merupakan rumah layak huni bantuan dari Pemkab Pasaman. Artinya, korban merupakan keluarga yang tidak mampu dan sangat perlu diperhatikan pemerintah daerah," sebut politisi PAN itu.

Yulisman meminta Pemkab Pasaman baik melalui Dinas Sosial, BPBD dan Baznas Pasaman untuk mencarikan solusi membangunkan kembali rumah warga kurang mampu tersebut.

Sementara itu, Kabid Bantuan, Perlindungan dan Penanganan Pakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Hendri Yanto menjelaskan berbagai bantuan yang langsung disalurkan kepada korban bencana alam sebanyak 25 macam. Diantaranya logistik berupa beras 10 Kilogram, minyak goreng 4 liter, gula pasir, mie instan, dan telur.

"Kemudian, tenda, matras, selimut, kebutuhan sehari-sehari untuk korban bencana alam. Peralatan dapur berupa kuali, rantang, makanan siap saji dan bantuan lainnya," katanya.

Walinagari Muaro TaisAndespa Rauf mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Pasaman bersama Dinas Sosial yang cepat tanggap dalam menangani bencana alam di nagarinya. Sebab, belum sampai satu hari informasi bencana tersebut disampaikan langsung turun ke lokasi bencana.

"Semoga bantuan sembako dan kebutuhan dapur dan tenda ini bisa dimanfaatkan oleh korban untuk sementara. Dalam waktu dekat ini kita akan mencarikan solusi tempat tinggal korban," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar