Bupati ajak masyarakat sukseskan pembangunan pesantren berskala internasional di Lengayang

id Pesantren,sumbar,padang,news

Bupati ajak masyarakat sukseskan pembangunan pesantren berskala internasional di Lengayang

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bertandang ke warung-warung di sekitar RSUD M Zein Painan. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengajak masyarakat berperan aktif dalam menyukseskan pembangunan pesantren berskala internasional di Kecamatan Lengayang dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah Yayasan Abdullah Al-Wadi dari Qatar berkenan mendirikan pesantren berskala internasional di Lengayang dan saya berharap masyarakat memberikan dukungan terhadap kelanjutan kegiatan ini," kata Bupati Hendrajoni di Painan, Minggu.

Ia mengatakan rencana tersebut tidak terlepas dari doa dan dukungan masyarakat Pesisir Selatan sehingga progresnya sudah sampai seperti saat ini.

"Ya kemarin saya sudah menijau dua lokasi di Kecamatan Lengayang, satu dari dua lokasi itu akan dijadikan sebagai tempat pembangunan pesantren," imbuhnya.

Ia mengatakan sebagai bentuk respon terhadap rencana Yayasan Abdullah Al-Wadi tersebut pihaknya akan menyiapkan lahan seluas 10 hektare.

"Lahan yang dibutuhkan memang agak luas tapi areal di dua lokasi yang kami tinjau di Kecamatan Lengayang memenuhi kategori," ungkapnya.

Pesantren tersebut berkapasitas 1.000 santri dan dalam mendukung proses belajar mengajarnya akan didirikan sarana dan prasarana yang memadai.

"Nantinya tidak ada pungutan biaya dalam proses belajar mengajar di sana, kami berharap pesantren tersebut mampu melahirkan generasi-generasi emas Pesisir Selatan," ungkapnya.