PLN UIW Sumbar salurkan CSR peduli ke Mentawai, gratiskan pasang baru

id PLN bantu Mentawai,PLN Sumbar,Sambungan listrik baru,Biaya pasang baru gratis

PLN UIW Sumbar salurkan CSR peduli ke Mentawai, gratiskan pasang baru

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto sedang menyerahkan CSR penyambungan pasang baru listrik ke salah seorang kepala desa di Mentawai, disaksikan Bupati Yudas Sabaggalet, Kamis. (Ist)

Padang (ANTARA) - Kepedulian PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat terhadap masyarakat kembali ditunjukkanm kali ini PLN Sumbar melalui CSR PLN Peduli memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Saliguma, Madobag dan Matotonan berupa penggratisan biaya pasang baru listrik bagi 1.233 pelanggan yang tersebar di ketiga desa tersebut.

Penyerahan bantuan CSR dengan nilai total lebih dari Rp400 juta tersebut dilaksanakan di Aula PLN UIW Sumbar pada Kamis (5/9) dan diterima langsung oleh para Kepala Desa disaksikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet.

General Manajer PLN Sumbar Bambang Dwiyanto, pada kesempatan tersebut berharap bantuan CSR yang telah diberikan akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di ketiga desa tersebut.

"Kami berharap dengan CSR ini, dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus mampu mendorong kegiatan pariwisata yang pada akhirnya bisa mendorong ekonomi warga," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBL) excess power PLTBm dan perjanjian kerja sama operasi jaringan distribusi antara Perusda Kemakmuran Mentawai dengan PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat.

Tiga PLTBm di pulau Siberut dengan total kapasitas 700 kW tersebut diprediksi akan mampu meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Kepulauan Mentawai.

"Dengan adanya PLTBm Saliguma, Madobag dan Matotonan diprediksi akan meningkatkan RE Kepulauan Mentawai sekitar 4,80 persen, sehingga RE total akan meningkat dari 56,41 persen menjadi 61,48 persen," katanya.
General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto menandatangani kerja sama jual beli listrik dengan Perusda Kemakmuran Kepuluan Mentawai, Kamis. (Ist)
Kedepan pihaknya juga berencana untuk mengoptimalkan keberadaan PLTBm tersebut dengan interkoneksi ke PLTD yang ada di Peipei maupun Meileppet. Hanya saja diperlukan dukungan dan kerjasama dengan Pemda perihal infrastruktur jalan, pinta Bambang.

Dalam acara tersebut turut hadir Kurniawan Ariadi Kuasa Pengguna Anggaran Satker Pengelola Hibah MCC Bappenas, Asto kristijo, pejabat pembuat komitmen satker Pengelola Hibah MCC Bappenas, Dirut Perusda Kemakmuran Mentawai Kamser Sitanggang, Ketua DPRD Mentawai, Nelson dan Naslindo Sirait dari Bappeda Mentawai.

Dalam sambutannya Bupati Mentawai mengapresiasi bantuan CSR PLN Peduli yang diberikan.

"Mewakili masyarakat Desa Madobag, Matotonan dan Saliguma kamu mengucapkan terimakasih kepada PLN yang kalian ini menyalurkan CSR berupa menggratiskan biaya pasang baru bagi masyarakat kami. Bantuan tersebut tentu saja sangat dinantikan oleh masyarakat," katanya.
General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto foto bersama dengan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, serta kepala desa dan manajemen Perusda Kemakmuran Mentawai,Kamis. (Ist)