Anggota DPRD Agam perempuan bertambah

id DPRD Agam,Legislator Perempuan,KPU Agam

Ketua KPU Agam, Riko Antoni menyerahkan hasil putusan pleno ke Sekda Agam, Martias Wanto di Hotel Sakura Syariah, Selasa (13/8). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan jumlah anggota DPRD setempat dari kaum perempuan bertambah dari satu menjadi empat orang periode 2019-2024.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni saat rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD setempat Pemilu 2019 di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, empat anggota DPRD dari kaum perempuan itu atas nama Nesi Harmita dari Partai Gerinda di daerah pemilihan satu meliputi Kecamatan Lubukbasung dan Tanjungmutiara, Asnidar dari PKS di daerah pemilihan satu.

Selain itu, Aderia dari Partai Demokrat di daerah pemilihan lima meliputi Kecamatan Sungaipua, Banuhampu, Ampekkoto dan Malalak dan Suhermi dari PKS di daerah pemilihan enam meliputi Kecamatan Matur dan Tanjungraya.

"Aderia merupakan anggota DPRD periode 2014-2019 dan terpilih kembali pada periode 2019-2024," katanya.

Ia menambahkan anggota DPRD periode sebelumnya yang terpilih kembali 23 dari 45 orang dan 22 anggota DPRD wajah baru.

Ke 23 anggota yang lama terpilih kembali yakni, Marga Indra Putra dari Demokrat di daerah pemilihan satu, Joni Putra dari Golkar di daerah pemilihan satu, Antonis dari PAN di daerah pemilihan satu, Noveri Edios dari PBB di daerah pemilihan satu,

Di daerah pemilihan dua meliputi Kecamatan Ampeknagari dan Palembayan atas nama Jondra Marjaya dari Demokrat, Rizki Abdillah Fadhal dari PKS dan AR Yotinof dari Golkar.

Sementara di daerah pemilihan tiga meliputi Kecamatan Palupuh, Tilatangkamang dan Kamangmagek atas nama Novi Irwan dari Gerindra, Syafrudin dari PKS dan Farizman dari Golkar.

Sedangkan di daerah pemilihan empat meliputi Kecamatan Baso, Ampekangkek dan Candung atas nama Arman J Piliang dari Golkar, Ais Bakri dari Nasdem, Suharman dari PKS, Ridwan Suheli dari PPP, Syaflin dari PAN, Dodi dari Gerindra dan Bulqaini dari PBB.

Selain itu di daerah pemilihan lima atas nama Erdinal dari Gerindra, Aderia dari Demokrat, Feri Adrianto dari Gerindra, Guswardi dari PKS dan Irfawaldi dari PPP. Daerah pemilih enan atas nama Irfan Amran dari PAN dan Saharuddin dari Demokrat.

Ke 22 anggota DPRD yang baru terpilih di daerah pemilihan satu atas nama Nesi Harmita dari Gerindra, Syafrizal dari Berkarya, Asnidar dari PKS, Gema Saputra dari PPP dan Epi Suardi dari Hanura. Daerah pemilihan dua atas nama Armalicon dari Gerindra, Yopi Eka Anroni dari PPP, Zulpardi dari PAN.

Daerah pemilihan tiga atas nama Edwar dari Gerindra, Mardanis dari Nasdem, Hendrizal dari PAN dan Syafril dari Demokrat. Daerah pemilihan empat atas nama Zulhefi dari Gerindra, Rinal Wahyudi dari Gerindra.

Daerah pemilihan lima atas nama Zulhendrif Bandaro Labiah dari Gerindra, Zulfahmi dari Golkar, Asrizal dari PKS, Salman Linover dari PAN. Daerah pemilihan enam atas nama Almahadi Arif dari Gerindra, Suhermi dari PKS, Mardisal Athan dari PPP.

Ia menambahkan Gerindra merupakan partai memperoleh suara terbanyak dengan sembilan dari 45 kursi. Disusul Partai Demokrat tujuh kursi, PKS tujuh kursi, PAN enam kursi, Golkar lima kursi, PPP lima kursi, Nasdem dua kursi, PBB dua kursi, Berkarya satu kursi dan Hanura satu kursi.

"PKB, PDIP, Garuda, Perindo, PSI dan PKPI tidak memperoleh kursi di DPRD setempat," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar