Tips sederhana agar anak gemar membaca

id Duta baca sumbar,Tips anak membaca

Duta baca Sumbar 2018 Mardhiyan Novita M. Z. (tengah) memotivasi anak-anak di Taman Baca Masyarakat Alam Takambang Korong Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman Minggu. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Parit Malintang  (ANTARA) - Duta baca Sumatera Barat (Sumbar) 2018 Mardhiyan Novita M. Z. membagikan tips di pelosok Padang Pariaman agar anak di daerah itu gemar membaca guna mempersiapkan generasi penerus yang memiliki banyak pengetahuan.

"Motivasi anak dengan memberikan hadiah namun berikan syaratnya" kata dia usai memotivasi anak-anak di Taman Baca Masyarakat Alam Takambang Korong Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman Minggu.

Ia menyampaikan syarat tersebut yaitu jika anak menyelesaikan membaca buku yang diberikan maka orang tua memberikannya hadiah yang diinginkan.

Namun menurutnya hadiah yang diberikan hendaknya berupa buku bergambar yang dapat menarik minat anak-anak untuk membaca kembali.

Ia menyampaikan dengan anak gemar membaca maka dapat menambah pengetahuannya sebagai bekal untuk menggapai cita-citanya.

Ia pun juga memotivasi puluhan anak di Taman Baca Masyarakat Alam Takambang agar gemar membaca untuk menggapai cita-citanya.

Ia mengatakan meskipun misalnya cita-cita tersebut pada akhirnya tidak tercapai namun proses yang dilalui selama menggapainya dapat membawaanak menjadi orang yang memiliki banyak pengetahuan.

Dengan banyak pengetahuan tersebut, lanjutnya maka si pembaca akan meraih prestasi yang lebih sehingga dikenal oleh banyak orang dan bertemu orang-orang baru.

Sementara itu, pendiri Taman Baca Masyarakat Alam Takambang Yahya Efendi mengatakan taman baca tersebut didirikan sejak 2018 yang mana dalam pendiriannya dilatarbelakangi minimnya minat baca anak-anak di daerah itu.

"Apalagi saat ini adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat adik-adik ini malas untuk membaca," ujarnya.

Ia mengatakan dirinya ingin anak-anak di daerah itu menjadi gemar membaca dan mengapai cita-citanya.

"Saya tidak pernah berharap adik- adik ini menjadi seperti tokoh-tokoh besar namun saya ingin adik-adik ini berupaya menjadi yang terbaik," ujar dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar