Ingin mencicipi rasa pelbagai jenis durian? datang aja ke festival ini

id distan kalbar,Festival Durian Bumi Khatulistiwa, kalbar, festival durian

Durian asal Kabupaten Sanggau (dedi)

Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) yang juga didukung Pemerintah Kota Pontianak serta beberapa pihak lainnya segera menghadirkan Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

“Kita sudah menentukan jadwanya yakni pada pada 24 - 27 Agustus 2019 mendatang di A Yani Megamall Pontianak. Ini merupakan festival durian pertama tingkat provisi di Kalbar. Sejumlah acara akan memeriahkannya,” ujar Kadistan TPH Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Rabu.

Heronimus menjelaskanFestival Durian Bumi Khatulistiwa dalam rangka melindungi sekaligus mengembangkan durian unggulan Kalbar.

“Kalbar saat ini sudah memiliki berbagai jenis durian lokal yang unggul seperti Durian Serumbut asal Sekayam, Kabupaten Sanggau. Nah itu terus kita kenalkan. Namun melalui festival digelar ini kita juga terus menggali dan semoga menemukan jenis durian lainnya untuk dikenalkan dan dikembangkan,” papar dia.

Dikatakanbahwa dalam festival satu di antara rangkaiannya ada kontes durian terbaik yang ada di Kalbar. Melalui kontes tersebut akan terseleksi durian – durian mana saja memiliki kriteria dan terbaik di antara yang baik.

“Yang menang nanti dalam dua tahun kita pantau untuk memastikan bahwa durian jenis tersebut memang unggul dan layak dikembangkan. Target kita melalui festival atau kontes dalam lima tahun ke depan orang ketika mencari durian tidak lagi melihat asal daerah namun sudah jenis durian seperti Serumbut yang memiliki rasa, warna dan daya tahannya yang memang baik,’ papar dia.

Terpenting, dengan festival bagaimana terus mengedukasi kepada masyarakat bahwa dari sisi ekonomi durian memiliki prospek dan harga yang baik dan bahkan bisa mendatangkan wisatawan.

“Minat dan permintaan durian semakin tinggi. Kalbar memiliki potensi yang besar akan jenis durian. Ini kita maksimalkan melalui berbagai upaya dan satu di antaranya seperti festival ini,” jelas dia.

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan selain kontes durian dengan hadiah ratusan juta dan diikuti terbuka untuk umum di Kalbar juga diikuti kegiatan lainnya seperti makan durian gratis, saprahan durian, demo memperbanyak bibit durian, lomba olahan durian, pameran – pameran, lomba selfie, lomba mewarnai, bursa tanaman pangan dan hortikultura, durian run dan lainnya.

“Sejumlah rangkaian dan lomba serta lainnya terus kita matangkan. Semua kita hadirkan untuk memeriahkan dan mengedukasi kepada masyarakat Kalbar, kita memiliki kekayaan akan durian. Ujung – ujungnya kita ingin ikut memajukan kesejahteraan masyarakat,” papar dia.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar