Istri pendiri Amazon yang dicerai dapatkan saham 38 miliar dolar

id Amazon.com,Jeff Bezos,MacKenzie Bezos,perceraian Jeff Bezos

Istri pendiri Amazon yang dicerai dapatkan saham 38 miliar dolar

Pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie Bezos (REUTERS/Danny Moloshok)

Jakarta (ANTARA) - Perceraian pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie Bezos setelah 25 tahun pernikahan, diselesaikan oleh seorang hakim wilayah Seattle dengan putusan yang membuat MacKenzie berhak menerima saham Amazon senilai 38,3 miliar dolar AS, seperti dilaporkan oleh Bloomberg.

Pada April, Amazon - situs pengecer online terbesar di dunia - menyatakan dalam pengajuan bandingnya bahwa empat persen dari saham Amazon atau saham senilai 19,7 juta akan didaftarkan atas nama MacKenzie Bezos setelah pengadilan perceraian mengeluarkan persetujuan.

Jeff dan MacKenzie Bezos mengumumkan rencana mereka untuk bercerai dalam pernyataan bersama di Twitter pada Januari 2019. Perceraian itu menyebabkan beberapa pihak khawatir jika Jeff Bezos dapat berakhir dengan berkurangnya kekuatan voting di Amazon, atau baik Jeff maupun MacKenzie akan melikuidasi sejumlah besar saham mereka.

Jeff Bezos memegang 12 persen saham Amazon senilai 114,8 miliar dolar AS dan masih termasuk orang terkaya di dunia, ungkap Bloomberg. MacKenzie Bezos mengatakan dia akan tetap memberikan kontrol suara atas sahamnya pada Jeff Bezos.

MacKenzie pada Mei lalu berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaannya untuk amal dan bergabung dengan "Giving Pledge", yakni sebuah kampanye yang pada 2010 dipelopori oleh miliader Warren Buffett dan salah satu pendiri Microsoft Corp, Bill Gates.

Sumber: Reuters