Telkomsel hadirkan aplikasi daring dukung pelaksanaan KKN mahasiswa Unand

id Telkomsel,Si Kamek Bana,KKN Mahasiswa,Unand

Pihak telkomsel dan Kampus Unand berfoto bersma usai menandatangani nota kesepahaman penggunaan aplikasi Si Kamek Bana, di Padang, Senin (1/7). (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Telkomsel menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, untuk penggunaan aplikasi dalam jaringan demi mendukung pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa.

"Aplikasi ini akan memudahkan pihak kampus untuk memantau pelaksanaan KKN mahasiswa, sekaligus memudahkan mahasiswa melaporkan kegiatan KKN nya," kata General Manager Consumer Sales Region Sumbagteng Telkomsel Ihsan, di Padang, Senin.

Aplikasi daring untuk Unand tersebut bernama "Si Kamek Bana" singkatan dari Sistem Informasi Kampus untuk E-KKN Bangun Nagari.

Para mahasiswa yang melaksanakan KKN bisa melakukan absensi, dokumentasi, serta melaporkan kegiatan secara berkala.

"Laporan yang diinput mahasiswa akan diterima dosen secara real time pada Aplikasi Si Kamek Bana, jadi laporan KKN tidak lagi dibuat pada periode akhir saja," katanya.

Fitur utama aplikasi "Si Kamek Ban"a meliputi absensi via gawai, laporan KKN melalui media sosial, info penting dari kampus, info lokasi KKN, dan info rekan KKN.

Selain itu melalui aplikasi para mahasiswa KKN juga dapat berinteraksi satu sama lain secara daring melalui aplikasi, dan aplikasi tersebut diperuntukkan bagi pengguna Android melalui Playstore.

Ihsan menyebutkan dukungan aplikasi itu merupakan wujud kepedulian Telkomsel pada bidang pendidikan, dan mendorong kemajuan ekosistem digital.

Selain Unand, platform serupa juga telah diterapkan pada kampus Unila Provinsi Lampung melalui kerjasama Telkomsel dengan kampus tersebut.

Sementara itu Diretur UPT KKN Unand Syamsurizal mengatakan aplikasi tersebut merupakan program praktis yang bermanfaat bagi kampus untuk memantau pelaksanaan KKN.

Menurutnya perguruan tinggi saat ini juga harus terus mengarah pada digitalisasi agar bisa bergerak maju dengan pemanfaatan Informasi Teknologi.

Ia menyebutkan saat ini ada 4.564 mahasiswa Unand yang akan melaksanakan KKN di berbagai lokasi.

"KKN dilaksanakan selama 40 hari, biasanya monitoring hanya dilakukan empat kali. Namun dengan aplikasi ini monitoring bisa dilakukan kapan saja secara real time," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel dengan kampus Unand terkait penggunaan aplikasi "Si Kamek Bana".
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar