Masyarakat Mentawai dirikan stan secara swadaya di arena Festival Pesona Mentawai 2019

id Festival Pesonan Mentawai,Sumbar,Padang

Masyarakat Mentawai dirikan stan secara swadaya di arena Festival Pesona Mentawai 2019

Masyarakat Kepulauan Mentawai memanfaatkan peluang Festival Pesona Mentawai berjualan meski harus bangun stan secara swadaya, karena instan terkait menyediakan terbatas. (Ist)

Tuapeijat (ANTARA) - Masyarakat sudah tampak sibuk mendirikan stan atau tempat penjualan dan promosi produk-produk lokasi pelaksanaan festival di Kawasan Wisata Mapaddegat, Sipora Utara, karena direncanakan pembukaan Festival Pesona Mentawai (FPM) pada Jumat, 28 Juni 2019.

Sampai saat ini sudah ada 20 stan yang didirikan termasuk stan OPD dan lembaga lain, masih ada 7 space di lokasi, kalau masih ada masyarakat yang minat kita upayakan," kata Joni Anwar, Kepala Disparpora Mentawai pada, Rabu.

Di lokasi juga berdasarkan pantauan Antarasumbar.com, stan yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat sedikitnya sudah mencapai 11 stan di luar yang disediakan Disparpora.

"Stan kita buat sendiri, rencananya kita mau berjualan makanan, minuman dan produk lain terumata kuliner Mentawai seperti sagu kapurut, subbet," kata Nurhayati, salah seorang warga Tuapeijat di lokasi pelaksanaan FPM saat ditemui dilokasi.

Terkait kemajuan persiapan FPM yang terlihat di lokasi panitia tampak sibuk menata panggung utama, kemudian penataan stan oleh OPD yang sudah disediakan Disparpora.

Selain itu masyarakat di Tuapeijat sangat antuasias mendirikan stan secara swadaya di lokasi festival yang sudah lokasinya telah disediakan Disparpora.

Sementara Disparpora Mentawai, hanya menyediakan 10 stan sesuai dengan jumlah peserta dari 10 kecamatan yang ada di Mentawai karena keterbatasan anggaran, meski demikian animo masyarakat dalam mengambil peluang pada FPM kali ini sangat tinggi.

Pembukaan FPM 2019 berdasarkan jadwal dan susunan acara yang diterima dari panitia akan dibuka secara resmi oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan dihadiri tamu dari Kementrian Pariwisata Pemuda dan Olahraga, tamu dari Pemprov Sumbar, Disparpora Provinsi Sumatera Barat, dinas dari kabupaten lain yang ada di Sumbar, lembaga vertikal dan lembaga keuangan.