112 ekor ternak ramaikan Kontes Ternak 2019

id kontes ternak, livestok expo 2019

112 ekor ternak ramaikan Kontes Ternak 2019

Wali Kota Padang Mahyeldi (tengah) berserta penyelenggara kontes ternak dan livestock expo 2019.(Antara Sumbar/Humas)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 112 ekor ternak meramaikan kegiatan Livestock dan Kontes Ternak 2019 yang digelar di Padang pada 26 Juni hingga 28 Juni 2019 berlokasi di Air Pacah Kecamatan Koto Tangah.

"Kegiatan ini merupakan ajang pemanasan jelang Pekan Nasional (Penas) Tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI 2020 yang juga akan digelar di Padang," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Rabu.

Mengusung tema "Melalui Livestock Expo 2019 Kita Tingkatkan Pemberdayaan Peternak Sebagai Mitra dalam Pembangunan Peternakan" ajang ini diikuti pengusaha bidang peternakan, asosiasi peternak, serta para petani dan peternak se-Sumbar.

Menurut dia Kota Padang sebagai ibukota provinsi dengan jumlah penduduk 927,168 jiwa merupakan pangsa pasar yang menjanjikan bagi pelaku usaha peternakan.

"Peluang ini harus direbut bersama dengan sumber daya alam yang ada berpotensi untuk pengembangan peternakan baik ternak besar maupun kecil yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan asal hewan untuk masyarakat Sumbar dan Kota Padang khususnya,” kata dia.

Lebih lanjut kata Mahyeldi, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi para peternak, warga dan pihak terkait lainnya.

"Salah satunya dalam upaya peningkatan produksi daging di Kota Padang apalagi saat ini peternak di Padang masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging sapi setempat, sementara ketersediaan stok daging sapi di Kota Padang masih didatangkan dari luar daerah, padahal kebutuhan daging bagi warga kota cukup tinggi," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri selaku ketua penyelenggara Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sumbar melalui OPD terkait yang telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembangunan sub sektor peternakan serta pertanian.

“Alhamdulillah Kota Padang dipilih menjadi pelaksana kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap kabupaten/kota di Sumbar ini. Even ini akan menjadi media informasi, sebagai langkah awal dalam mempersiapkan diri menuju kesiapan Penas KTNA XVI tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Kota Padang, kata dia.

Lebih lanjut Syaiful menerangkan dalam kegiatan ini selain kontes ternak dari para peternak se-Sumbar juga ada stan promosi dari pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar terkait peternakan dan keswan.

Selanjutnya ada juga stan dari UPT pusat seperti BPTU Padang Mangatas, Balai Veteriner Bukittinggi dan BPTP Sukarami Solok. Lalu juga ada stan untuk mitra-mitra seperti Japfa Comfeed, Bank Mandiri, BRI dan Bank Nagari Serta Fakultas Peternakan Unand Padang, Politeknik Pertanian Payakumbuh dan lainnya.

“Selain itu juga ada lomba asah terampil, lomba ayam kukuak balenggek dan lomba baju kurung basiba. Kemudian rapat koordinasi antar kepala OPD yang menangani fungsi peternakan se-Sumbar, seminar nasional, kesenian dan olahraga, cerdas cermat antar petugas dan hiburan lainnya,” ujarnya.

Adapun jumlah ternak yang ikut dalam kontes ternak tahun ini berjumlah 112 ekor ternak yang terdiri dari 8 ekor simental dewasa jantan, 10 ekor simental dewasa betina, 13 ekor sapi bali jantan dan 11 ekor sapi bali.

Selanjutnya 7 ekor sapi po jantan, 6 ekor sapi po betina, 11 ekor sapi simental anak jantan, 9 ekor sapi simental anak betina, 8 ekor kerbau jantan, 7 ekor kerbau betina, 7 ekor kambing pejantan, 5 ekor kambing betina, 5 ekor sapi ekstrim, dan 5 ekor cempe.