Ribuan pelajar akan meriahkan kontes ternak di Pesisir Selatan

id Dinas Peternakan Pesisir Selatan

Ribuan pelajar akan meriahkan kontes ternak di Pesisir Selatan

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Seribuan pelajar tingkat sekolah dasar di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan memeriahkan kontes ternak atau "Livestock Expo" yang akan digelar pada 27-29 September 2018 di Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, daerah setempat.

"Seribuan pelajar itu akan mengikuti beberapa lomba seperti lomba mewarnai, cerdas cermat dan lain sebagainya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan, Jumat.

Ia mengatakan diikutsertakannya pelajar dalam kegiatan tersebut sebelumnya juga dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan yang digelar setahun sekali itu.

Hanya saja katanya khusus di Pesisir Selatan pihaknya akan mencoba merancang kegiatan tersebut semenarik mungkin sehingga tidak terkesan monoton dan pastinya berdampak positif bagi pesertanya.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menunjuk daerah setempat sebagai tuan rumah Livestock Expo 2018 saat menghadiri Livestock Expo 2017 di Solok Selatan.

Selain karena memang kegiatan tersebut dilaksanakan secara bergilir di masing-masing kabupaten / kota, penunjukan itu juga tidak terlepas dari pelbagai prestasi yang diraih saat kegiatan tersebut.

Beberapa prestasi itu diantaranya, dinobatkannya Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni sebagai Pembina Terbaik Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) 2017.

Selanjutnya daerah setempat juga meraih juara 1 sapi betina, juara 1 kerbau betina, juara harapan 1 kerbau jantan, juara harapan 3 Anak sapi jantan, juara harapan 3 sapi bali betina.

Agar meraih hasil maksimal pada Livestock Expo 2018 pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar beberapa kegiatan diantaranya kontes ternak tingkat kabupaten, hal tersebut dimaksudkan untuk mencari ternak unggulan yang akan dipertandingkan dan juga memaksimalkan capaian program Upsus Siwab.

"Sebagai tuan rumah kami ingin hasil yang diraih saat Livestock Expo 2017 jauh lebih baik di 2018, untuk itu kami terus mematangkan persiapan," katanya lagi. (*)