Pesisir Selatan jadi pemasok sapi ke empat provinsi

id Sapi pesisir selatan,Livestock Expo dan Kontes Ternak 2018

Pesisir Selatan jadi pemasok sapi ke empat provinsi

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyebutkan kabupaten itu merupakan salah satu daerah yang memiliki sapi peliharaan terbanyak di Sumatera Barat serta aktif memasoknya ke empat provinsi.

"Selain di kabupaten dan kota di Sumatera Barat, sapi-sapi Pesisir Selatan juga dipasok ke provinsi Jambi, Bengkulu dan Riau," kata Bupati di sela kegiatan "Livestock Expo" dan Kontes Ternak 2018 Sumatera Barat di Pantai Sago, Pesisir Selatan, Kamis.

Selain untuk dikonsumsi, sapi-sapi yang dipasok juga digunakan sebagai indukan bagi peternak disana.

Menurutnya daerah itu saat ini memiliki populasi sapi mencapai 86.150 ekor atau seperempat populasi sapi di Sumatera Barat ada di Pesisir Selatan.

Melalui kegiatan "Livestock Expo" dan Kontes Ternak ini, ia berharap peternak dapat menyerap dan berbagi ilmu, sehingga potensi sapi yang banyak bisa dimanfaatkan dengan maksimal dalam meningkatkan perekonomian.

"Saya berharap ajang ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk pamer ternak unggul namun juga sebagai ajang saling bertukar keilmuan di sektor peternakan," katanya.

"Livestock Expo" dan Kontes Ternak 2018 di Pesisir Selatan diikuti oleh seluruh perwakilan Dinas Peternakan dan peternak seluruh kabupaten/kota di Ranah Minang.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 27 sampai 29 September 2018, beberapa kegiatan yang digelar diantaranya kontes ternak mulai dari kambing, sapi, dan kerbau. Selanjutnya kontes ayam "kukuak balenggek" atau ayam yang punya kemampuan kokok bertingkat.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita menyebutkan "Livestock Expo" dan Kontes Ternak merupakan agenda tahunan Dinas Peternakan Sumatera Barat, dipilihnya Pesisir Selatan sebagai tuan rumah pada 2018 tidak terlepas dari pelbagai prestasi yang diraih pada kegiatan serupa di 2017.

Pada waktu itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dinobatkan sebagai Pembina Terbaik Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) 2017.

Selanjutnya, juara 1 sapi betina, juara 1 kerbau betina, juara harapan 1 kerbau jantan, juara harapan 3 Anak sapi jantan, juara harapan 3 sapi bali betina.

Berikutnya, juara 1 petugas medis, juara 1 petugas paramedis, juara 1 petugas inseminator, juara harapan 1 Kelompok Ternak Seroja Inunang Kecamatan Batang Kapas. (*)