Padang persiapkan lokasi kontes ternak dan penutupan Penas Tani 2020

id berita padang, berita sumbar, penas tani, kontes ternak

Padang persiapkan lokasi kontes ternak dan penutupan Penas Tani 2020

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial K. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang tengah mempersiapkan lokasi kontes ternak dan penutupan Pekan Nasional Petani Nelayan 2020 yang akan digelar pada 20-25 Juni.

Untuk pembukaan di Padang Pariaman, sementara Padang kebagian lokasi kontes ternak dan penutupan acara. Saat ini sedang dilakukan persiapan lahan yang berada di belakang kantor Balai Kota Air Pacah Padang, kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syafrial Kamat di Padang, Rabu.

Menurut dia dalam waktu dekat akan dibangun mini ranch tepatnya di belakang kantor Balai Kota.

Selain itu akan disiapkan padang rumput sebagai lokasi penggembalaan sapi, ujarnya.

Ia menyampaikan lokasi tersebut akan menjadi tempat kontes ternak yang akan dihadiri seluruh insan peternakan di Tanah Air.

Kemudian Padang juga menjadi tuan rumah untuk gelar perikanan dan akan dibangun kolam terpal.

Sedangkan untuk acara penutupan mengambil tempat di belakan kantor Balai Kota Padang di kawasan Air Pacah.

Untuk penutupan akan di pasang tenda besar dan karena jumlah peserta yang hadir diperkirakan hingga 20 ribu orang akan disiapkan televisi pada beberapa titik menayangkan acara penutupan.

Sementara sebelumnya Pemerintah Kota Padang juga sudah mendata dan menyiapkan 4.000 rumah warga sebagai lokasi penginapan peserta.

Saat ini juga para pemilik rumah juga telah dilatih bagaimana mengelola home stay oleh Dinas Pariwisata, ujarnya.

Sebelumnya Padang ditetapkan sebagai tuan rumah Penas Tani 2020, namun pada Desember 2019 Wakil Gubenur Sumbar Nasrul Abit menyampaikan lokasi Penas Tani dipindahkan ke Padang Pariaman berdasarkan evaluasi dari Kementerian Pertanian dan Litbang SDM.

Menurut Kementan ada persoalan yang belum diselesaikan di Padang sementara saat ini sudah harus menanamkan demplot tanaman, kata Nasrul.

Ia mengatakan setelah ada evaluasi terkait masalah lahan, tanaman , pemondokan dan air maka dihasilkan rekomendasi lokasi Penas Tani dipindahkan dari Kota Padang ke Padang Pariaman.