Belgia masih kokoh di puncak Grup I

id timnas belgia,timnas rusia,timnas kazakhstan,kualifikasi piala eropa 2020,timnas skotlandia,timnas siprus,timnas san mar

Belgia masih kokoh di puncak Grup I

Gelandang serang tim nasional Belgia Kevin de Bruyne (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya Romelu Lukaku (kiri) dan Axel Witsel (kanan) seusai mencetak gol ke gawang Skotlandia dalam laga lanjutan kualifikasi PIala Eropa 2020 Grup I di Stadion King Baudouin, Brussels, Belgia, Selasa (11/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Francois Lenoir)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Belgia belum tergoyahkan di puncak klasemen Grup I kualifikasi Piala Eropa 2020, setelah memukul tamunya Skotlandia dengan skor 3-0, dalam laga keempat yang dimainkan di Stadion King Baudouin, Brussels, Belgia, Rabu dini hari WIB.

Meski mendominasi permainan, Belgia sempat kesulitan membobol gawang tamunya akibat kombinasi penyelesaian yang buruk dan penampilan bagus kiper David Marshall. Kebuntuan baru terpecahkan pada menit ke-45 setelah Romelu Lukaku mendapat umpan matang dari Eden Hazard, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Keunggulan satu gol membuat Belgia mampu bermain lebih lepas pada babak kedua. Hasilnya, Lukaku menggandakan keunggulan pasukan Roberto Martinez pada menit ke-57.

Kevin de Bruyne memastikan kemenangan meyakinkan Belgia melalui golnya pada menit kedua masa injury time. Pemain pengganti Dries Mertens yang tidak mendapatkan ruang tembak kemudian menggulirkan bola kepada De Bruyne, yang langsung disambar dengan tembakan mendatar dari jarak 20 meter.

Rusia juga sukses memaksimalkan keuntungan sebagai tuan rumah. Pasukan Stanislav Cherchesov ini meraih kemenangan tipis 1-0 atas tamunya Sipurs, berkat gol semata wayang Aleksey Ionov pada menit ke-38'.

Di Astana Arena, Kazakhstan mengukir kemenangan keduanya di fase kualifikasi ini dengan kemenangan 4-0 atas tamunya San Marino.

Kazakhstan membuka keunggulan melalui gol Islambek Kuat pada menit ke-45. Pada babak kedua, gol-gol selanjutnya Kazakhstan tercipta melalui Maksim Fedin, Gafurzhan Suyumbayev, dan Bauyrzhan Islamkhan.

Dengan hasil-hasil di atas Belgia masih memuncaki klasemen Grup I dengan raihan 12 poin. Rusia menyusul di peringkat kedua dengan sembilan poin, selanjutnya di posisi ketiga terdapat Kazakhstan dengan enam poin.

Siprus baru mengumpulkan tiga poin sehingga hanya duduk di peringkat keempat. Sedangkan negara kecil San Marino sama sekali belum mendapat poin dari empat pertandingan yang sudah dimainkannya.

Baca juga: Jerman pesta gol ke gawang Estonia

Baca juga: Irlandia Utara dan Jerman belum terkalahkan


Berikut pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup I (tuan rumah disebut pertama):

Kazakhstan 4 - San Marino 0 (Islambek Kuat 45', Maksim Fedin 62, Gafurzhan Suyumbayev 65', Bauyrzhan Islamkhan 79')

Belgia 3 - Skotlandia 0 (Romelu Lukaku 45', Romelu Lukaku 57', Kevin de Bruyne 90')

Rusia 1 - Siprus 0 (Aleksey Ionov 38')

Klasemen Grup I
Tim M M I K Gol P
1 Belgia 4 4 0 0 11-1 12
2 Rusia 4 3 0 1 15-3 9
3 Kazakhstan 4 2 0 2 7-7 6
4 Skotlandia 4 2 0 2 4-7 6
5 Siprus 4 1 0 3 6-5 3
6 San Marino 4 0 0 4 0-20 0