Pemudik padati terminal Simpang Empat Pasaman Barat, dominan ke povinsi ini

id Mudik

Arus mudik meningkat pada H-1 t di terminal Simpang Empat, Pasaman Barat.

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemudik memadati terminal Simpang Empat di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat pada Selasa atau H-1 Lebaran.

Sebagian besar penumpang merupakan pemudik tujuan antar provinsi seperti ke Jambi dan Pekanbaru.

"Diperkirakan hari ini puncak mudik karena besok sudah Lebaran," kata Nurul, seorang agen penjualan tiket di terminal Simpang Empat.

Sementara itu pantauan di jalan lintas Pasaman Barat, arus kendaraan mulai meningkat terutana kendaraan roda dua.

"Jika dibandingkan hari biasa arus lalu-lintas di Pasaman Barat mulai meningkat dengan banyaknya kendaraan nomor polisi dari luar daerah yang mulai berdatangan," kata Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Pasaman Barat, Iptu Iptu Ghanda Novidiningrat Gunawan.

Jalan lintas Pasaman Barta sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik dibandingkan jalur lintas lainnya seperti Padang-Bukittingi.

Disebutkan, pada umumnya para pemudik pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat.

"Kita akan terus pantau arus mudik ini. Kepada pemudik diimbau agar tetap hati-hati dan memakai kelengkapan berkendaraan," ujarnya.

Menurut dia, pihaknya bersama unsur terkait menyediakan posko keamanan di wilayah tersebut untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Poslan, katanya berada di wilayah padat kendaraan Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang dan Simpang Ampek Kecamatan Pasaman.

Di posko itu nantinya juga bergabung dengan unsur polisi lalu lintas, Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Polres Dinas Pekerjaan Umum dan PMI.

"Pos ini bisa dijadikan tempat istirahat bagi pemudik jika kelelahan. Kami siap memberikan pelayanan kepada pemudik," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar