TNI berbagi berkah di bulan Ramadhan

id bakti sosial TNI

Dandim 0310/SSD Letkol Ift Dwi Putranto (dua kanan) menyerahkan paket sembako kepada salah seorang penerima bantuan, di Nagari Batu Rijal Kecamatan Padang Laweh, Sabtu (18/5). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jansen)

Pulau Punjung, Sumbar (ANTARA) - Ramadhan 1440 Hijriah sudah memasuki pertengahan puasa beragam kegiatan dan kesibukan terus dilakukan umat Muslim untuk menjemput keberkahan di bulan penuh rahmat itu.

Ramadhan yang hanya datang sekali dalam setahun, rasanya sia-sia terlewatkan begitu saja tanpa saling berbagi antara sesama karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

Demikian halnya bakti sosial yang dilakukan Komando Distrik Militer 0310 Sawahlunto Sijunjung Dharmasraya (Kodim 0310/SSD), di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada Sabtu (18/5). Mengusung tema Indahnya Berbagai Sampai Ke Ujung Nagari di Bulan Ramadhan Penuh Berkah Kodim 0310/SSD menggelar kegiatan bakti sosial dan pembagian sembako gratis dalam rangka memperingati hari jadi Kodam I/BB ke-69 digelar.

Mengawali bakti sosial personel TNI memulai kegiatan dengan mengecek perlengkapan, jumlah personel, tim kesehatan hingga kondisi kendaraan yang ditunggangi untuk menghantarkan bantuan yang melalui medan sulit.

Setelah semua pasukan dinyatakan siap layaknya memulai "peperangan" misi sosial dimulai dengan memanjatkan doa bersama berharap seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Berangkat dari kediaman tokoh masyarakat Sungai Dareh sekaligus pengusaha dan mantan ketua LKAAM Dharmasraya, Zulfikar Dt Rajo Pangulu seluruh anggota telah siap dengan tunggangannya masing-masing. Dengan menunggangi motor trail lengkap dengan ransel yang berisi paket bantuan, tim mulai menyinggahi rumah warga di Kecamatan Pulau Punjung untuk memberikan sedikit bantuan di bulan Suci Ramadhan.

Melanjutkan perjalanan melalui lintasan dengan medan berbukit hingga jalan rusak, rombongan yang berjumlah 100 motor mengetuk satu persatu pintu rumah warga sampai ke pelosok daerah.

Melaju di bawah terik matahari tak menyurutkan semangat pasukan berbaju loreng untuk menghantarkan bantuan, meskipun beraktivitas di bulan Ramadhan. Senantiasa menebar senyuman dan tak arogan di jalanan, bekerja dengan ikhlas itulah yang tampak dari raut wajah para prajurit sepanjang perjalanan yang dimulai sejak pagi itu.

"Terima kasih bantuannya, semoga TNI selalu menjadi pengayom masyarakat," kata warga Nagari (Desa Adat) Panyubarangan, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya, Arif.

Arif merupakan salah satu warga kurang mampu secara ekonomi yang menerima sembako gratis dari Kodim 0310/SSD.

Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, dan berharap TNI selalu menjaga kepercayaan masyarakat dan menjadi benteng terakhir dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Beranjak dari kediaman Arif, suasana haru juga terjadi saat menyerahkan paket bantuan berisi beras, minyak goreng, sirup, mie instan, dan gula kepada ibu rumah tangga di Nagari Tabek, Rumaida. Ibu paruh baya itu tak kuasa menahan tangis saat anggota tiba memberikan bantuan. Sang ibu bahkan memeluk erat Komandan TNI sebagai wujud ungkapan terima kasih.

Dandim yang baru menjabat dua bulan itu juga tak sungkan membalas pelukan dan mencium kedua tangan layaknya orang tua sendiri, dan sembari membisikan semoga bantuan bermanfaat bagi ibu dan keluarga.

"Terima kasih bapak-bapak TNI, semoga bantuan yang saya terima menjadi amal ibadah oleh bapak TNI semua," katanya sambil mengusap air mata.

Bisikan kekaguman kepada TNI juga saut-saut terdengar saat anggota menunaikan Salat Dzuhur berjamaah di Masjid Istiqomah Nagari Koto Beringin, Kecamatan Tiumang, atau tepat berada 500 meter dari rumah penerima bantuan Syamsidar.

Menempuh perjalanan hingga 100 kilometer rombongan di bawah komando Komandan Distrik Militer (Dandim) Letkol Inf Dwi Putranto, bergerak dengan sabar mengelilingi hampir setengah wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Berbagi sembako gratis berakhir di rumah penerima bantuan Andre, Warga Nagari Sikabau Kecamatan Pulau Punjung dimana saat itu matahari sudah mulai terbenam atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Mengukur Kinerja

Dandim Letkol Inf Dwi Putranto mengatakan sasaran akhir dari kegiatan tersebut adalah mengukur bagaimana anggota mengenali wilayah kerja di Kabupaten Dharmasraya, termasuk bagaimana koordinasi antar jajaran Koramil.

Ia mencontohkan saat mempersiapkan acara bagi-bagi sembako, selaku pimpinan hanya meminta anggota untuk mendata masyarakat yang kurang mampu.

"Jadi sederhana mengukur apakah anggota dalam hal ini Babinsa mengenali wilayah atau tidak, saat saya minta tentukan titik penerima bantuan sama dilihat, insya Allah kita berikan kepada mereka yang benar membutuhkan," katanya.

Ia menjelaskan paket sembako gratis itu dibagikan untuk 20 masyarakat, antaranya di Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Timpeh, Kecamatan Padang Laweh, Kecamatan Tiumang, Kecamatan Koto Baru, dan Kecamatan Sitiung. Jumlahnya tidak seberapa, ia berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membawa berkah.

Ia menyebutkan kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat sekaligus sarana mengenali pelosok Kabupaten Dharmasraya.

"Sebagai Dandim yang baru menjabat dua bulan, sambil berbagi sekaligus mengecek situasi wilayah wilayah dan berdialog langsung dengan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, dan selanjutnya di Kota Sawahlunto yang merupakan wilayah hukum Kodim 0310/SSD.

TNI menyatakan siap menerima masukan, kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua kalangan agar keberadaan aparat membawa manfaat bagi masyarakat.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sungkan meminta bantuan anggota jika terjadi suatu hal yang tidak dinginkan, seperti mengalami kejahatan kriminal saat di jalanan. "Hari ini saya sampaikan anggota siap 1x24 jam melayani masyarakat tanpa embel-embel apapun," tambahnya.

Tak hanya di bulan Ramadhan loyalitas TNI dalam merangkul seluruh masyarakat hendaknya terus terjaga demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar