Wako Sawahlunto imbau ramaikan masjid hingga akhir Ramadhan

id DeriAsta

Wako Sawahlunto imbau ramaikan masjid hingga akhir Ramadhan

Wako Sawahlunto DeriĀ Asta saat memberi sambutan mengawali shalat tarwih malam Ramadhan 1440 H di Masjid Agung Nurul Islam, Sawahlunto, Minggu malam. (Antara Sumbar/Taufan Razzak)

Sawahlunto, (ANTARA) - Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Deri Asta meminta warga setempat meramaikan masjid dan mushala untuk melaksanakan ibadah tarwih dan tadarus Al Quran hingga akhir Ramadhan 1440 Hijriah.

"Mari sama-sama mengoptimalkan amaliah kita, sehingga bisa sampai di ujung perjalanan Ramadhan menjadi suci bersih kembali ke fitrah," kata dia saat memberi sambutan mengawali shalat tarwih Ramadhan di Masjid Agung Nurul Islam, Sawahlunto, Minggu malam.

Ia mengatakan Ramadhan 1440 Hijriah ini hendaknya dijadikan momentum meningkatkan kualitas keimanan dan memperkuat ketakwaan. Hal ini tentu akan bisa diraih jika umat Islam bisa melaksanakan ibadah ini dengan khusuk tanpa terganggu oleh hal-hal yang merusak.

Karena itu ia mengimbau jamaah agar melarang anak-anaknya bermain petasan karena dapat mengganggu orang yang sedang melaksanakan shalat tarwih, dan bagi masjid yang terletak di lokasi jalan utama agar memasang rambu-rambu agar kendaraan tidak membunyikan klakson.

Kamudian kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat di Sawahlunto agar bersama-sama menjaga kedamaian, ketentraman, persatuan dan kesatuan serta tidak mudah terprovokasi dengan pihak yang ingin memecah belah.

“Atas nama Pemerintah Kota Sawahlunto kami minta maaf kepada masyarakat Sawahlunto karena belum bisa memenuhi semua permintaan masyarakat," katanya.

Ia juga mengajak warga untuk selalu bersyukur dan memanfaatkan bulan penuh ampunan dan barokah ini untuk memperbanyak sedekah, lebih peduli dengan sesama demi mendapatkan ridho Allah SWT. (*)