Pesisir Selatan siap memanjakan wisatawan, lengkapi Carocok Painan dengan pujasera

id Pantai Carocok,Objek Wisata Pesisir Selatan

Pesisir Selatan siap memanjakan wisatawan, lengkapi Carocok Painan dengan pujasera

Perahu wisata melintas di Pantai Carocok, Pessel, Sumbar, Selasa (12/3/2019). ANTARA SUMBAR/ Adi Prima/Maril/19

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan melengkapi kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan denngan pusat jajanan serba ada atau pujasera guna mendukung pengembangan objek wisata tersebut.

"Selain Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Pantai Carocok Painan juga merupakan objek wisata andalan Pesisir Selatan, makanya berbagai terobosan terus diwujudkan di lokasi termasuk pembangunan pujasera," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Senin.

Lokasi pujasera, imbuhnya akan dibangun permanen sehingga keberadaanya serasi dengan keindahan objek wisata Pantai Carocok Painan.

"Mewujudkannya tahun ini dialokasikan anggaran Rp2,2 miliar, dan ditargetkan selesai jelang akhir tahun," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan pujasera sudah menjadi kebutuhan di Pantai Carocok Painan karena destinasi tersebut sudah dikenal hingga ke mancanegara.

Selain itu tidak hanya pada libur lebaran, dan libur akhir pekan setiap harinya juga tercatat wisatawan lokal dan luar daerah memadati lokasi.

Ia mengungkapkan banyak dampak positif yang didapat dengan adanya pujasera baik oleh wisatawan, masyarakat dan juga pemerintah kabupaten.

"Lokasi menjadi lebih tertib karena para pedagang akan tertata, kontrol harga lebih leluasa dilakukan, kebersihan lebih terjaga hingga jelasnya objek pemungutan retribusi," katanya.

Kendati demikian ia memastikan bahwa pujasera akan diisi oleh pedagang-pedagang yang telah lama berjualan di sekitar Pantai Carocok Painan.

Hal tersebut dilakukan sehingga mereka lebih tertata dan tidak ada rasa cemburu sosial atau dianaktirikan sehingga keberadaan pujasera benar-benar dirasakan secara menyeluruh. (*)