UNP targetkan masuk 20 besar perguruan tinggi terbaik versi Kemenristekdikti

id UNP

Rektor Univeristas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri (kiri) memindahkan tali toga seorang mahasiswa yang diwisuda pada Rapat Sidang Wisuda Terbuka UNP ke -114, Minggu. (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menargetkan masuk dalam 20 besar pemeringkatan perguruan tinggi terbaik versi Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pada 2019.

Rektor UNP Prof Ganefri selepas rapat wisuda ke-114 UNP di Padang, Minggu mengatakan saat ini kampus tersebut berada di posisi ke-26 pada 2018 dan sebelumnya jauh terperosok di peringkat ke-67 pada 2017.

“Pemeringkatan atau klasterisasi ini diumumkan setiap tanggal 17 Agustus dan kami berupaya pada tahun ini masuk 20 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” kata dia.

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya terus melakukan pembenahan terutama di bidang sumber daya manusia yang merupakan salah satu titik lemah Universitas Negeri Padang.

Mulai dengan peningkatan jumlah kualifikasi jabatan akademik lektor kepala dan guru besar, selain itu untuk jenjang doktor dan guru besar juga dilakukan percepatan.

Menurut dia ada tiga metode yang akan dilakukan untuk memperbaiki sumber daya manusia kampus tersebut pertama mengangkat dosen non pegawai negeri sipil yang bergelar doktor.

Kedua menerima mahasiswa bergelar doktor dari institusi lain yang ingin mengabdi di UNP namun sesuai dengan kebutuhan kampus dan ketiga mempercepat kuliah doktor yang sedang diikuti 174 dosen dosen melalui program percepatan khusus di kampus ini.

“Kita juga meningkatkan jumlah dosen yang melanjutkan program studi doktor mereka, dosen tidak perlu memikirkan keinginan bersekolah lagi karena sudah kami fasilitasi,” ujar dia.

Kemudian pihaknya juga melakukan penguatan dalam bidang riset dan publikasi dengan menganggarkan sekitar 20 persen Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) yang diterima UNP untuk riset dan publikasi.

“Pada tahun ini setiap dosen akan melakukan riset dan publikasi yang bereputasi. Hal ini tentu diharapkan dapat berjalan dengan baik dan membawa kampus ini menjadi yang terbaik,” katanya.***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar