Siti Aisyah ke Istana bertemu Presiden

id Siti Aisyah,Presiden undang Siti Aisyah,Istana Merdeka

Siti Aisyah ke Istana bertemu Presiden

Siti Aisyah tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (12/3/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Siti Aisyah, TKI yang disangka sebagai pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un.

Siti diterima oleh Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa. Dia disambut Presiden di ruang kredensia sekitar pukul 14.20 WIB.

Dalam pertemuan itu, Siti didampingi oleh kerabat keluarga.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut hadir dalam pertemuan tersebut.

TKI asal Banten itu mendapatkan bebas tidak murni dari pemerintah Malaysia dan telah tiba di Tanah Air pada Senin (11/3).

Pemerintah Indonesia telah berkoordinasi dengan pemerintah Malaysia, melalui Jaksa Agung Malaysia, dengan memberikan tiga alasan untuk membebaskan Siti Aisyah.

Pertama, Siti meyakini perbuatan yang dilakukannya bertujuan untuk kepentingan acara "reality show" sehingga tidak ada niat untuk membunuh Kim Jong-nam.

Kedua, Siti tidak menyadari telah dikelabui oleh intelijen Korea Utara, serta alasan ketiga bahwa TKI asal Banten itu tidak mendapatkan keuntungan apapun dari perbuatannya.

Siti sebelumnya didakwa melakukan pembunuhan kepada kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, pada 13 Februari 2017 di Malaysia.