Kesbangpol Sijunjung gelar sosialisasi pemantapan pemilu

id Pemilu

Sosialisasi pemilu oleh Kantor Kesebangpol Sijumjung yang diikuti aparat kecamatan, nagari dan ormas. (Ist)

Sijunjung (ANTARA) - Pemda Sijunjung melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Polotik (Kesbangpol) Sijunjung, menggelar sosialisasi pemantapan pemilu 2019, sebagai upaya menciptakan pesta demokrasi damai.

Kegiatan itu melibatkan aparatur pemerintah Kecamatan, nagari, tokoh masyarakat,pemuda, organisasi wanita, Ketua PPK dan Ketua Panwascam, digelar di gedung UDKP Kantor Camat Kamang Baru, Senin.

Ketua pelaksana, Kepala Seksi Bidang Politik Kesbang Pol Sijunjung Yan Hardian, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatnya pemahaman pemangku kepentingan terhadap semua tahapan pemilu baik pemilihan calon legislatif dan pemilihan presiden pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

"Meningkatnya peran aktif penyelenggara dan stakeholder dalam semua tahapan, diharapkan terjadi peningkatan partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019,"ujarnya.

Selanjutnya untuk meningkatnya komunikasi politik dan pendidikan politik antara pemerintah daerah, stakeholder dengan penyelenggara pemilu.

Terwujudnya pemilu yang demokratis, luber dan jurdil serta terciptanya situasi dan kondisi yang aman.

"Pemilu serentak 2019 nanti sangat diperlukannya peran aktif dari kita semua, guna melancarkan pesta demokrasi 2019 di Indonesia khusunya di ranah lansek manih ini," imbaunya.

Kegiatan dibuka Camat Kamang Baru yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Kaharuddin yang turut dihadiri Wali nagari se Kecamatan Kamang Baru, Ketua PPK Kamang Baru, Ketua Panwascam Kamang Baru, Ketua KAN se Kecamatan Kamang Baru.

Ketua BPN se Kecamatan Kamang Baru, Ketua Pemuda Nagari se Kecamatan Kamang Baru, Ketua TP PKK Nagari se Kecamatan Kamang Baru, Ketua Dharmawanita Nagari se Kecamatan Kamang Baru.

Dalan sambutannya, Kaharuddin menghimbau bersama - sama menyukseskan jalannya pemilu 2019.

Ia berpesan, jangan jadikan perbedaan untuk menghancurkan kita tapi jadikan perbedaan itu sebagai pemerkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Laksanakan tugas yang diberikan dengan sebenar - benarnya sesuai aturan yang ada demi terciptanya pemilu 2019 yang aman, sejuk dan damai,"imbaunya".

Melalui kegiatan ini, tambah dia, hendaknya dapat meningkatkan pemahaman terhadap semua tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu serentak.

Meningkatkan komunikasi dan koordinasi terhadap pelaksanaan tahapan-tahapan yang telah, sedang dan akan berjalan dalam penyelenggaraan pemilu, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut yang menjadi narasumber Dandim 0310/SSD, Letkol Inf Irvan Yusri, S.I.P, Kabid Poldagri Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Salahuddin, Kasat Intelkam Polres Sijunjung, Iptu Asrol Hendra, SH. MH, Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Fahrul Rozi Burda, Lc, M.Ud dan Perwakilan Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Agusman, SH.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar