KPU Mentawai mulai lipat surat suara pemilu

id KPU

Sejumlah ibu-ibu terlihat sedang melipat kertas surat suara pemilu 2019 di KPU Kepuluan Mentawai. (Sanene)

Mentawai (ANTARA) - Tuapeijat (Antaranews Sumbar) - KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini telah menerima surat suara dan memulai melakukan pelipatan di Kantor KPU Mentawai di Kilometer 7, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Senin, (4/3).

Ketua sekaligus Divisi Logistik KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Eki Butman mengatakan surat suara untuk di Kabupaten Kepulauan Mentawai telah diterima baik itu untuk pemilihan DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, atau Pilpres sejaksejak sepekan lalu.

“Surat suara semua sudah masuk di KPU Mentawai, sekarang sedang proses pelipatan,” kata Ketua KPU Mentawai, Eki Butman di kantor KPU Mentawai pada Senin.

Penyelesaian proses pelipatan surat suara tersebut ditargetkan selesai pada Minggu, (10/3). “Kita targetkan lebih cepat dari tanggal itu, pelipatan kertas surat suara yang sudah selesai adalah DPR RI dan DPD, yang sedang berlangsung pelipatan surat suara untuk DPRD provinsi,” katanya.

Untuk pelipatan surat suara untuk Pilpres kata Ketua KPU Mentawai tidak terlalu rumit. “Karena hanya sekali lipat saja, jadi paling tidak lebih dua hari sudah selesai,” tambah dia.

Proses pelipatan surat suara melibatkan masyarakat dari kelompok dasa wisma dan ibu-ibu dari Majelis Taklim di Tuapeijat. “Mereka dari ibu-ibu dari dasa wisma terlibat, kita juga memberikan kartu pengenal sesuai dengan KTP mereka,” kata Eki Butman.

Surat suara yang diterima KPU Mentawai ada sebagian yang mengalami kerusakan yang disebabkan dari proses percetakan sendiri. “Kita sudah laporkan ke kantor KPU RI untuk dapat diganti,” katanya.

Jumlah surat suara yang diterima KPU Mentawai dari KPU RI masing masing untuk pemilu DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan Pillres sebanyak 64.366 surat suara.

Sementara untuk suarat suara DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 67.366 surat suara yang terbagi untuk 3 dapil yakni pulau Sipora (dapil 1) 16.992, Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan (dapil 2) sebanyak 20.883 dan pulau Siberut (dapil 3) sebanyak 29.491 surat suara.

Untuk pendistribusian kata dia akan dilakukan tujuh hari sebelum hari pencoblosan (H-7) yang terutama di daerah paling jauh dari pusat logistik seperti Pagai Selatan dan Siberut Barat direncanakan akan diangkut dengan kapal yang saat ini masih proses lelang.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar