Sijunjung siapkan lebih matang jelang penilaian kabupaten sehat

id sehat

Sekdakab Sijunjung Zefnihan sedang memberi arahan pada rapat pembahasan persiapan menghadapi penilaian kabupaten sehat 2019 (ist)

Sijunjung (ANTARA) - Dalam rangka menyiapkan lebih matang menjelang penilaian Kabupaten Sehat tingkat provinsi maupun nasional, Pemdkab Sijunjung melalui Forum Kabupaten Sehat menggelar rapat koordinasi dengan pengurus dari delapan kecamatan beserta kelompok kerja (Pokja) nagari/desa.

Rapat koordinasi yang berlangsung pada, Kamis (28/2) di Aula Bapppeda Kabupaten Sijunjung, dihadiri Sekretaris Daerah Zefnihan, AP, M.Si, Kepala Bapppeda Febrizal Ansori, dan Ketua Forum Kabupaten Sehat, Fajar Seftrian serta camat dan wali nagari.

Pada kesempatan itu, Zefnihan berharap agar mempersiapkan sebaik mungkin untuk verifikasi awal penilaian kabupaten sehat.

“Setiap pengurus Forum Kabupaten Sehat Sijunjung, mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga Pokja nagari dan desa diminta untuk mempersiapkan diri lebih matang, sehingga apa yang kita inginkan dapat tercapai,” katanya.

Penilaian pada 2019, pihaknya menargetkan meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara. Itu penghargaan tertinggi kabupaten dan kota sehat, ujarnya.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Sijunjung Fajar Seftrian mengatakan, pertemuan tersebut digelar untuk membahas persiapan menghadapi penilaian kabupaten sehat tingkat provinsi dan nasional pada 2019.

"Ada beberapa tatanan yang diverifikasi oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri, untuk penilaian kecamatan dan nagari,” katanya.

Menurutnya, aspek dan sasaran kabupaten sehat tersebut berdasarkan potensi dan permasalahan yang ada di kecamatan maupun nagari yang ada di kabupaten berjuluk Lansek Manih ini.

Permasalahan yang dikelompokkan dalam bagian tatanan, yaitu sarana prasarana sehat, kehidupan sehat mandiri, ketahanan pangan dan gizi.

"Selain itu, juga tatanan pariwisata sehat, tertib lalu lintas, pelayanan transportasi serta industri dan perkantoran sehat,” ungkapnya.
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar