KPU Dharmasraya Rakit Kotak Suara Pemilu 2019

id kotak suara

Petugas merakit kotak suara untuk Pemilu serentak 2019, di Gudang KPU setempat, Sabtu (9/2). (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memulai perakitan kota suara untuk Pemilu serentak 2019.

"Perakitan kotak suara dimulai hari ini," kata Sekretaris KPU Dharmasraya, Yenrizal Effendi, di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia mengatakan perakitan kotak suara spesifikasi dari kardus kedap air yang digunakan pada Pemilu 17 April 2019 ditargetkan selesai lima hari ke depan.

Ia mengatakan dalam proses pelipatan KPU melibatkan staf kantor sekretariat KPU setempat, hal itu dilakukan sebagai bentuk keamanan kotak suara.

"Untuk perakitan kotak suara kami dibantu staf internal, namun untuk pelipatan surat suara baru melibatkan masyarakat umum," kata dia.

Ia mengatakan KPU Dharmasraya juga menyewa satu gudang di Jalan Lintas Sumatera KM 2 Pulau Punjung untuk menyimpan kotak suara yang telah dirakit.

"Kalau gudang yang dimiliki KPU tidak muat menampung 3.451 kotak suara yang sudah dirakit. Untuk keamanan gudang kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian hari ini," ujarnya.

Ia menyebutkan setiap tempat pemungutan suara (TPS) nantinya mendapat lima kotak suara, yakni untuk surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, DPD, dan surat suara presiden.

Lokasi pemungutan suara di Kabupaten Dharmasraya terbagi menjadi 666 TPS, kata dia.

Sedangkan jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) sebanyak 143.907 suara dengan pemilih laki-laki 72.338 dan pemilih perempuan 71.659, tambah dia.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar