Caleg PBB Kota Payakumbuh tolak dukung Capres Jokowi-Ma'ruf

id caleg,pbb,capres,payakumbuh

Caleg PBB Kota Payakumbuh tolak dukung Capres Jokowi-Ma'ruf

Deklarasi dukungan PBB dalam acara pengukuhan BPN Prabowo-Sandi Luak Limapuluh di Payakumbuh beberapa waktu lalu. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Calon legislatif Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Payakumbuh daerah pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Payakumbuh Barat, Muhandi Andi Torang menolak untuk mendukung pasangan Capres/Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

“Kami kecewa dengan sikap partai karena telah mendukung Capres nomor urut 01, sebab dari awal komitmen mendukung Capres nomor 02. Saya merasa ditipu, namun untuk mundur dari Pencalegan tidak bisa lagi karena Undang-undang, saya akan 'tiarap' dan akan mendukung partai lain sesuai Ijtima' ulama," kata Muhandi Andi Torang di Payakumbuh, Selasa.

Pascaputusan Partai PBB secara resmi mendukung Capres Joko Widodo-Maaruf Amin, Andi Torang yang juga penggiat sosial itu mengatakan ia tidak akan lagi mempromosikan diri dan tidak berkampanye untuk meraih suara dalam Pileg 2019 ini.

“Saya tidak akan mempromosikan diri lagi, dan tidak ikut kampanye untuk partai. Ke depan saya akan mengarahkan dukungan suara ke partai lain yang mengikuti hasil ijtima' ulama,” tegas dia.

Sebelumnya pekan lalu saat deklarasi Badan Pemenangan Prabowo-Sandi Luak Limapuluh (Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) DPC PBB Payakumbuh juga secara resmi menandatangani dukungan terhadap pasangan Capres no urut 02 tersebut.

Sementara itu, Ketua DPC PBB Kota Payakumbuh, Nasrul Tuanku Baringin mengatakan secara kepartaian PBB Kota Payakumbuh mengikuti arahan dari pusat, yaitu mendukung pasangan capres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Prinsipnya kita akan konsolidasikan ke lapangan terlebih dahulu. PBB Payakumbuh mengikuti arahan pusat karena secara partai kami satu komando,” katanya.

Ia menyebut tidak akan ada sanksi bagi caleg yang tidak mengikuti arahan partai, namun dia akan melakukan konsolidasi dengan seluruh caleg dan kader PBB di lapangan.

"Dipastikan tidak ada sanksi bagi caleg yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan alasan menghargai perbedaan pendapat," ujarnya.

Pascadukungan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra terhadap Calon Presiden 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin tak hanya di Payakumbuh kekecewaan juga datang dari calon legislatif (caleg) PBB di daerah lain.

Sebelumnya diakui Sekjen PBB Afriansyah Noor ada beberapa DPW yang sudah menyatakan diri untuk mendukung pasangan Prabowo-Sandi, dan bahkan tokoh PBB lainnya MS Kaban juga sudah menyatakan tidak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. (*)