PBB berhentikan sementara caleg tersangkut kasus dugaan asusila

id Caleg Cabul,Caleg PBB diduga cabul,Polresta Padang

PBB berhentikan sementara caleg tersangkut kasus dugaan asusila

Seorang tersangka YR (57) calon anggota legislator Daerah Pemilihan (DAPIL) lima Kota Padang (tengah) dari Partai Bulan Bintang menutupi wajahnya saat digiring anggota Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Padang, Sumatera Barat, Rabu (20/2/2019). Calon anggota legislator tersebut diduga melakukan tindakan asusila terhadap dua anak di bawah umur, dan tersangka dijerat Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman tujuh tahun penjara. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Barat (Sumbar), Partai Bulan Bintang (PBB) memberhentikan sementara calon legislatif "YR" yang tersangkut kasus dugaan tindakan asusila terhadap anak di bawah umur.

"Kami tetap mengedepankan azas praduga tidak bersalah untuk permasalahan ini, kemudian partai melalui DPC mengenakkan skorsing atau pemberhentian sementara untuk status keanggotaan YR," kata ketua DPW PBB Ardinal Hasan, dalam keterangan pers di Padang, Jumat.

Berdasarkan Anggaran Dasar Rumah Tangga partai, sebutnya skorsing itu hingga yang bersangkutan dinyatakan bersalah dan berkekuatan hukum tetap, meskipun namanya tetap ada di surat suara.

"Untuk sementara hak-hak YR di partai tidak diberikan dulu sampai proses hukum yang dijalaninya selesai," katanya.

Ia juga mengatakan kasus itu tidak akan berdampak pada partai karena merupakan persoalan personal.

"Persoalan ini tidak bisa disamaratakan dengan caleg yang ada di PBB, kami yakin masyarakat sudah cerdas, dan tidak akan mempengaruhi elektabilitas partai," katanya.

Pihaknya juga meminta seluruh kader dan calon legislatif tetap bergerak, dan tidak menghentikan mesin partai menjelang pelaksaan pemilu 2019.

Sementara Ketua DPC PBB Padang, Zulkifli Aziz, mengatakan pihaknya tidak memberikan bantuan hukum terhadap YR karena pihak keluarga sudah menyediakan bantuan hukum sendiri.

Ia juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan strategi khusus pada dapil V yang merupakan daerah pemilihan tersangka YR.

Pihak partai akan memberhentikan secara tidak hormat terhadap YR jika nanti dinyatakan bersalah.

Namun sebaliknya ia meminta seluruh pihak memulihkan nama baik yang bersangkutan jika dinyatakan tidak bersalah. (*)