Sijunjung akan suguhkan keunikan dalam festival Lansek Manih II, saat momentum hari jadi ke-70

id yuswir arifin

Sijunjung akan suguhkan keunikan dalam festival Lansek Manih II, saat momentum hari jadi ke-70

YUSWIR ARIFIN (c)

Muaro (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Kabupaten Sijunjung sudah mempersiapkan jauh-jauh hari rangkaian kegiatan dalam menyonsong peringatan hari jadi kabupaten itu untuk tahun ini, salah satunya dengan menyuguhkan keunikan yang ada dalam festival yang bertajuk Lansek Manih II.

Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengatakan peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 pada 2019 harus lebih meriah dan berarti dari peringatan tahun sebelumnya.

Agar lebih meriah dan berarti, selain melaksanakan acara pokok dan acara tambahan sebagaimana yang dilakukan tahun lalu, pada peringatan 2019 ini akan difestivalkan hal yang unik dan spesifik serta kelebihan dari setiap nagari dan jorong.

Kelebihan yang disuguhkan baik dari aspek seni dan budaya serta olahraga mau pun makanan dan tradisi yang sudah menjadi tradisi sejak lama bagi masyarakat nagari (desa adat, red), kata Senin.

“Mungkin selama ini ada hal yang unik dan spesifik atau kelebihan satu nagari dan jorong yang tidak muncul karena tak ada kesempatan. Makanya kita buka peluang melalui festival. Karena itu, kita berharap dari sekarang pemerintah nagari bersama masyarakat memikirkan dan memusyawarahkan apa yang akan diikutkan tampil pada festival Lansek Manih nanti,” kata Bupati, Senin (21/1), di ruang kerjanya.

Menurut dia, memperingati hari jadi kabupaten adalah memperingati hari kelahiran daera itu sendiri. Karena yang diperingati hari kelahiran satu daerah, masyarakat yang ada di dalamnya harus terlibat dan ikut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Disamping melibatkan segenap lapisan masyarakat, peringatan hari jadi juga harus memiliki arti serta bermanfaat bagi warga, terlebih bagi keluarga berkemampuan terbatas.

Supaya hal itu terwujud, kata Bupati, disamping seluruh pemerintah kecamatan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan pegawai, pelajar, perangkat nagari dan jorong serta pengurus dan anggota organisasi masyarakat yang ada di kecamatan bersangkutan, Pemda juga akan melaksanakan beberapa kegiatan sosial, seperti bazar dan donor darah.

"Sedangkan acara pokok yang akan digelar, upacara hari jadi di Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus, pada17 Februari dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung Dewan, pada 18 Februari 2019," jelas Bupati Yuswir Arifin.*