Menaker sebut penganggur turun menjadi 5,3 persen

id Menaker Hanif Dhakiri ,Jumlah Penganggur Indonesia,Jumlah penganggur turun

Menaker sebut penganggur turun menjadi 5,3 persen

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Depok, (Antaranews Sumbar) - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan pada awal 2019 angka pengangguran di Indonesia tercatat mengalami penurunan menjadi 5,3 persen.

"Angka penganguran di awal tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 5,61 persen," kata dia di Depok, Jumat.

Meskipun mengalami penurunan, kata dia, Kementerian Ketenagakerjaan akan terus berupaya untuk menekan angka pengangguran itu.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hanif mengatakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menyusun program yang akan dimasukkan ke dalam RPJMN, di mana ada beberapa poin penting yang menjadi sasaran, yaitu memastikan angka kemiskinan turun, kondisi politik stabil, pembangunan infrastruktur semakin ditingkatkan, dan mengurangi angka pengangguran.

"Sudah masuk di RPJMN, kita usahakan pengurangannya sampai angka lima persen," kata dia.

Ia menambahkan zona wilayah yang masih terpantau tinggi tingkat pengangguran, yakni Kota Depok karena persentasenya masih sekitar 6,6 persen.

Oleh karena itu, kata dia, harus ada langkah konkret untuk mengurangi angka penganguran bagi masyarakat Kota Depok, Jawa Barat. (*)